Sukses


Chen Long Dapat Wild Card untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017

Bola.com, Kuala Lumpur - Pebulutangkis tunggal putra China, Chen Long, mendapat jatah wild card dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) untuk tampil pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, 21-27 Agustus.

Chen Long yang berstatus sebagai juara bertahan terancam gagal mempertahankan gelar karena hanya menempati ranking sembilan dunia saat periode kualifikasi berakhir pada 27 April 2017.

Namun, BWF memiliki hak prerogatif untuk memberikan jatah wild card kepada pemain tertentu di setiap nomor. BWF akhirnya memutuskan memberikan slot itu kepada Chen Long.

"Mempertimbangkan status Chen Long sebagai juara dunia dan Olimpiade bertahan, BWF memberikan bintang asal China itu wild card untuk tampil pada Kejuaraan Dunia," kata BWF di situs resmi mereka, Kamis (4/5/2017).

BWF merasa nama besar Chen Long bisa meningkatkan gengsi turnamen dan menarik minat fans. "Chen Long telah memenangi nomor tunggal putra pada dua edisi terakhir Kejuaraan Dunia serta meraih emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Ini merupakan satu-satunya wild card yang diberikan BWF untuk Kejuaraan Dunia," ujar BWF.

Setelah BWF memberikan jatah wild card kepada Chen Long, maka China akan memiliki empat wakil di nomor tunggal putra. Selain Chen Long, tiga pemain lainnya adalah Lin Dan, Shi Yuqi, dan Tian Houwei yang otomatis lolos lewat peringkat dunia.

Seperti dikutip dari Strait Times, setiap negara maksimal hanya bisa mengirim empat atlet dalam satu nomor pada Kejuaraan Dunia jika menempati ranking delapan besar dunia.

Chen Long menjadi kampiun pada Kejuaraan Dunia 2015 di Jakarta setelah mengalahkan jagoan Malaysia Lee Chong Wei 21-14, 21-17 pada babak final.

Chen Long baru saja meraih titel Kejuaraan Asia Bulutangkis 2017 di Wuhan, China, setelah menaklukkan sang kompatriot, Lin Dan, 21-23, 21-11, 21-10, pada babak final, 30 April.

Video Populer

Foto Populer