Sukses


Indonesia Andalkan 3 Atlet di Kejuaraan MTB Asia 2017

Bola.com, Jakarta - Popo Ario Sejati, Khoiful Mukhib, dan Tiara Andini Prastika menjadi andalan tim Indonesia pada Kejuaraan Moutain Bike (MTB) Asia 2017 di Xuancheng, China, pada 13-14 Mei.

Selain Popo dan Mukhib, Indonesia juga akan menurunkan Hildan Afosma Katana dan Robet Agung Wahyudi di nomor downhill putra, sementara Zaenal Fanani dan Dicky Tri Syahputra akan turun di nomor cross country putra. Di nomor downhill putri, Indonesia menurunkan Tiara Andini Prastika dan Nining Purwaningsih. 

Keempat atlet downhill putra tersebut aktif mengikuti kompetisi Indonesian Downhill. Saat ini, Mukhib memimpin kelas elite putra A pada seri Indonesian Downhill 2017 dengan 230 poin, sementara Robet dan Hildan berada di posisi tujuh dan sembilan dengan masing-masing 98 dan 87 poin. Popo akhir Maret lalu juga tampil pada gelaran Crankworx di Rotorua, Selandia Baru.

Tiara dan Nining juga aktif berlomba di seri Indonesian Downhill 2017. Tiara bahkan memimpin perolehan angka sementara dengan 250 poin di kelas elite putri, sementara Nining di peringkat kedua dengan 190 poin.

Manajer tim Budi Saputro mengatakan cukup optimis dengan kans anak asuhannya. “Kalau bicara target, kami pasti mengincar yang terbaik dan itu mungkin dilakukan. Di nomor downhill putra, pesaing terberat mungkin akan datang dari Taiwan dan Jepang,” katanya sebelum bertolak ke China, Selasa (9/5/017) malam.

Tahun lalu, Tiara menempati peringkat kelima pada kompetisi yang sama di Thailand dan kali ini dia bertekad untuk memperbaiki posisi.

“Saya yakin bisa menjadi yang terbaik. Lawan berat akan datang dari Thailand dan Jepang. Tapi saya cukup yakin karena saya memiliki peringkat yang lebih baik dan itu menambah rasa percaya diri,” kata Tiara.

Mukhib saat ini menempati peringkat ke-98 UCI untuk kategori downhill men elite, sementara Tiara di ranking 48 dan Nining duduk di peringkat ke-60 UCI downhill women elite.

Sementara itu, Fanani merupakan satu-satunya atlet disiplin cross country yang bergabung dengan pelatnas MTB. Dicky adalah warga negara Indonesia yang tinggal di Italia dan aktif berlomba di kejuaraan lokal di sana.

Tim Nasional MTB akan didampingi oleh tiga pelatih, Oki Raspati, Zaenul Siswanto, dan Sugianto ‘Hoho’ Setiawan, serta manajer tim Budi Saputro.

Video Populer

Foto Populer