Sukses


Siman Sudartawa Raih Emas Kedua pada ISG 2017

Bola.com, Baku - Perenang nasional I Gede Siman Sudartawa kembali mempersembahkan medali emas untuk kontingan Indonesia pada Islamic Solidarity GamesĀ (ISG) 2017 di Baku, Azerbaijan.

Pada hari keempat perlombaan cabang renang di Baku Aquatics Centre, Selasa (16/5/2017), Siman memenangi nomor 50 meter gaya punggung putra.

Siman menjadi juara dengan catatan waktu 25,12 detik. Dia memecahkan rekor nasional lama atas namanya sendiri, yaitu 25,15 detik, yang dibuat pada ajang 48th Singapore Age Group Championships di Singapura, 15 Maret 2017.

Perenang Turkmenistan, Merdan Atayev, meraih medali perak dengan catatan waktu 25,82 detik. Medali perunggu menjadi milik perenang Turki, Iskender Baslakov, yang mengukir catatan waktu 25,84 detik.

Bagi Siman, ini merupakan emas keduanya pada ISG 2017 setelah sebelumnya dia juga menjadi yang terbaik pada nomor 100 meter gaya punggung putra.

Rekor nasional lainnya juga pecah pada nomor 400 meter gaya ganti individual putri. Azzahra Permatahani merebut medali perak dengan catatan waktu 4 menit 51,46 detik untuk mengusangkan rekor nasional lama atas namanya sendiri, yaitu 4 menit 53,66 detik, yang dibuat pada Kejuaraan Nasional di Palembang, 23 April 2017.

Pada hari keempat perlombaan cabang renang, Indonesia total meraup satu medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

Sementara itu, secara keseluruhan renang telah menyumbangkan tiga medali emas, 13 perak, dan 12 perunggu untuk kontingen Indonesia pada ISG 2017. Di luar dua dari Siman, satu emas lainnya dipersembahkan Gagarin Nathaniel Yus pada nomor 200 meter gaya dada putra.

"Alhamdulillah renang sudah menyumbang tigas emas untuk Merah-Putih. Apresiasi sebesar-besarnya atas penampilan luar biasa Siman. Semoga pencapaian Siman bisa menginspirasi rekan-rekannya. Semua ini berkat kerja keras para perenang dan pelatih serta didukung suasana yang kondusif di pelatnas. Semoga kesuksesan ini bisa terus berlanjut. Kami berada di jalur yang tepat," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E. Rahardjo.

"Semoga akuatik, khususnya renang, mendapat perhatian dan dukungan yang lebih besar dari pemerintah karena dalam ajang multicabang, renang memperebutkan banyak medali," ujar Harlin.

Hingga Selasa (16/5/2017), Indonesia berada di posisi kelima tabel medali Islamic Solidarity GamesĀ (ISG) 2017 dengan koleksi 42 medali (enam emas, 18 perak, dan 18 perunggu).

Video Populer

Foto Populer