Piala Sudirman: Indonesia Tersingkir, Susy Susanti Minta Maaf

Oleh Yus Mei Sawitri pada 24 Mei 2017, 23:02 WIB
Susy Susanti, Piala Sudirman 2017

Bola.com, Gold Coast - Indonesia gagal melangkah ke perempat final Piala Sudirman 2017, Rabu (24/5/2017). Manajer tim Indonesia, Susy Susanti, pun meminta maaf karena gagal memenuhi target dan harapan publik Indonesia. 

Indonesia dipastikan tersingkir dari persaingan meskipun menang 3-2 atas Denmark. Berdasarkan hitung-hitungan poin, Indonesia hanya menjadi juru kunci di Grup 1D, di bawah Denmark dan India. Hanya dua tim teratas dari masing-masing grup yang lolos ke perempat final. 

Hasil ini merupakan capaian terburuk Indonesia di ajang Piala Sudirman. Sebelumnya Tim Merah Putih belum pernah tersingkir di babak penyisihan grup. Para pemain juga gagal memenuhi target lolos ke semifinal. 

"Saya pribadi juga minta maaf belum bisa memenuhi target dan harapan untuk bisa membawa kembali Piala Sudirman. Tetapi melihat penampilan atlet-atlet kita, memang ada kekurangan, tetapi perjuangan dan semangat yang ditampilkan hari ini, paling tidak bisa membuktikan bahwa kita masih ada," ujar Susy Susanti. 

Beban yang ditanggung Indonesia cukup berat karena di luar dugaan kalah 1-4 dari India. Namun, Susy memastikaan hasil kontra India sebenarnya tak memengaruhi tim.

"Atlet-atlet juga sudah berjuang maksimal. Mereka betul-betul tidak terpengaruh dengan hasil kemarin. Tetapi melalui perhitungan poin, kita harus terima tersingkir dan gagal masuk ke delapan besar," ujar Susy, seperti dilansir dari PBSI. 

"Partai terakhir menjadi partai penentu, kita bisa lolos tetapi harus menang dengan straight game. Seperti inilah permainan tim. Beberapa memang di luar prediksi, banyak hal-hal yang tidak disangka justru bisa terjadi. Anthony bisa menang, tetapi di ganda putra kita kehilangan angka. Korea (grup lain) bisa kalah, tetapi memang itulah permainan tim," sambung Susy Susanti, tentang performa Indonesia di Piala Sudirman 2017