Sukses


F1 GP Austria: Bottas Rebut Pole, Vettel Start di Depan Hamilton

Bola.com, Spielberg - Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, bakal mengawali balapan F1 GP Austria, Minggu (9/7/2017), dari posisi terdepan. Bottas merebut pole position setelah mengungguli Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton pada sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (8/7/2017).

Bottas menorehkan waktu lap tercepat 1 menit 4,251 detik. Sementara Vettel mencatatkan waktu lap 1 menit 4,293 detik dan menempati posisi kedua.

Sedangkan Hamilton menempati posisi ketiga setelah mencetak waktu lap terbaik 1 menit 4,424 detik. Namun, pebalap asal Inggris itu akan start dari posisi delapan karena terkena penalti setelah melakukan pergantian girboks.

Start posisi ketiga bakal diisi rekan tim Vettel, Kimi Raikkonen. Dia menyelesaikan kualifikasi di posisi keempat dengan torehan waktu 1 menit 4,896 detik.

Pada kualifikasi pertama, Romain Grosjean mengalami masalah setelah melintir ke luar lintasan. Rekan setimnya juga bermasalah dengan mobilnya.

Meski demikian, keduanya tetap dinyatakan lolos ke kualifikasi berikutnya karena catatan waktu mereka tak termasuk di lima terbawah. Grosjean di posisi kedelapan, sedangkan Magnussen ada di posisi ke-12.

Pebalap yang perjuangannya terhenti pada Q1 adalah Joylon Palmer (Renault), Felipe Massa (Williams), Lance Stroll (Williams), Marcus Ericsson dan Pascal Wehrlein (Sauber).

Sayang buat Magnussen, dia tak mampu melanjutkan perjuangan pada kualifikasi kedua. Mobilnya mengalami rusak parah sehingga tak bisa dipakai lagi.

Pada kualifikasi kedua, duo Mercedes saling unjuk kecepatan. Hamilton dan Bottas bergantian menorehkan waktu lap tercepat.

Namun, Bottas akhirnya keluar sebagai pebalap tercepat pada sesi kedua ini dengan torehan waktu 1 menit 4,316 detik. Dia unggul atas Vettel dan Hamilton.

Sementara Nico Hulkenberg (Renault), Fernando Alonso (McLaren), Stoffel Vandoorne (McLaren), dan Daniil Kvyat (Toro Rosso), masuk dalam daftar pemain yang gagal lolos ke kualifikasi ketiga.

Persaingan ketat terjadi antara Bottas, Vettel, dan Hamilton, pada awal kualifikasi ketiga. Bottas mampu menjadi yang tercepat di awal dengan torehan waktu 1 menit 4,251 detik.

Insiden sempat menimpa pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Pebalap asal Belanda itu tak mampu mengontrol laju mobilnya hingga masuk gravel. Meski demikian, hal tersebut tak mempengaruhi posisinya.

Sementara Bottas mempertahankan status pebalap tercepat pada kualifikasi ketiga ini. Pebalap asal Finlandia itu akan mengawali balapan F1 GP Austria dari posisi terdepan. Sementara Vettel berada di posisi kedua, setelah mengungguli Hamilton.

Hasil lengkap sesi kualifikasi F1 GP Austria, Sabtu (8/7/2017). (Twitter/F1)

Video Populer

Foto Populer