Timnas Voli Indonesia Tak Berdaya saat Hadapi Jepang

Oleh Zaidan Nazarul pada 29 Jul 2017, 21:23 WIB
Timnas voli Indonesia, Kejuaraan Voli Asia

Bola.com, Gresik - Timnas Voli Indonesia tak berdaya saat menghadapi Jepang dalam laga lanjutan Kejuaraan Asia 2017, Sabtu (29/7/2017) di GOR Tri Dharma, Gresik. Agung Seganti dkk kalah 0-3 (23-25, 15-25, 12-25).

Kekalahan ini membuat tuan rumah tersingkir. Sebelumnya, mereka juga kalah dari Korea Selatan dengan skor 1-3.

Indonesia sebetulnya mengawali pertandingan dengan baik. Memimpin perolehan poin saat time out pertama dengan skor 8-6, mereka kemudian tampil spartan hingga pertengahan set pertama. Sayang, mendekati poin-poin kritis, performa mereka justru menurun sehingga kalah, 23-25.

Memasuki set kedua, alih-alih tampil lebih garang, performa Indonesia justru terus merosot. Zulfi Hernanda Hernanda melakukan start buruk. Dua kali servis yang ia lakukan gagal. Kesalahan ini membuat Tim Merah Putih tertinggal di awal set kedua.

Sebaliknya, Jepang meningkatkan tekanan untuk terus menjaga jarak perolehan poin. Set kedua pun tuntas dengan skor 15-25 untuk keunggulan Jepang.

Tertinggal 0-2, tim besutan Samsul Jais itu seakan frustrasi. Mereka semakin sulit bangkit di set ketiga. Dalam kondisi tertekan, Timnas mengulang kesalahan demi kesalahan. Buruk di bola pertama, lemah di servis.

Kondisi semakin parah karena blok mereka tak mampu membendung spike keras dan tajam yang dilakukan para pemain Jepang. Hasilnya, Timnas Indonesia kalah lagi dengan margin lebih lebar dibanding set kedua, 12-25.

Jais mengungkapkan, penyebab kekalahan timnya di pertandingan ini masih sama dengan sebelum-sebelumnya, yakni penerimaan bola sevis yang tidak sempurna, serta kegagalan ketika melakukan servis. "Di set pertama tim kami sudah tampil bagus, tapi sayang penyakitnya kambuh lagi di dua set berikutnya," terang Jais.

Timnas voli Indonesia masih menyisakan satu pertandingan lagi pada babak perempat final Kejuaraan Asia 2017. Mereka akan berhadapan dengan Kazakstan, Minggu (31/7/2017).