Sukses


Indonesia Incar Gelar Juara Umum di ASEAN Paragames

Bola.com, Solo - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mengincar gelar juara umum pada ajang ASEAN Paragames 2017 di Malaysia, 17-23 September. Demi merealisasikan target tersebut, Tim Merah Putih bertekad meraup 113 medali emas.

Rekam jejak Indonesia pada ajang ASEAN Paragames cukup mengesankan. Pada ASEAN Paragames di Myanmar 2013, Indonesia berhasil menjadi juara umum. Sedangkan dua tahun lalu Indonesia menjadi runner up di Singapura.  

''Kami sudah mengkalkulasi semua cabor yang akan mendulang medali emas. Dari data yang kami dapat, memang target juara umum jadi bidikan utama sesuai dengan perhitungan sejak awal,'' kata Humas NPC Indonesia, Heri Isranto, kepada Bola.com, Sabtu (2/9/2017). 

Kalkulasi yang dilakukan tim NPC Indonesia juga sudah mengarah para medali emas. Sebanyak 113 medali emas dibidik paralimpian Merah Putih di Negeri Jiran untuk mengunci status tertinggi. Heri menjelaskan beberapa cabang olahraga (cabor) yang ditargetkan sebagai lumbung emas antara lain, atletik dan renang dengan total medali yang tersedia sebanyak 328 emas. Selain itu, cabor catur juga menjadi andalan Indonesia di ASEAN Paragames Malaysia.

''Kalau soal persaingan, Malaysia bakal jadi calon terkuat bersama Thailand. Namun tidak adanya cabor dayung dan menembak membuat perolehan emas Thailand diprediksi berkurang, karena mereka jago di kdua cabor itu,'' tukas dia.

Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun, menyebut peluang meraih gelar juara umum cukup besar. Apalagi pihaknya telah mengkalkulasi secara matang perolehan medali. Menurutnya, kegagalan Indonesia menembus tiga besar di SEA Games 2017 menjadi pelecut motivasi 250 atlet, ofisial, dan pelatih yang diberangkatkan ke ASEAN Paragames.

''Kami jadi runner-up di edisi sebelumnya, tentu seluruh atlet termotivasi meraih hasil yang lebih baik daripada saat berlaga di ASEAN Paragames Singapura,'' tegas Senny yang juga mantan atlet angkat berat itu.

Video Populer

Foto Populer