Jadi Juara Dunia Superbike, Jonathan Rea Ukir Sejarah Baru

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Sep 2017, 20:09 WIB
Diperbarui 30 Sep 2017, 20:09 WIB
Jonathan Rea, World Superbike
Jonathan Rea menyegel gelar juara dunia World Superbike setelah memenangi balapan pertama di Magny Cours, Sabtu (30/9/2017). (Twitter/BBC)

Bola.com, Magny-Cours - Jonathan Rea menyegel gelar juara dunia World Superbike setelah memenangi balapan pertama di Magny Cours, Sabtu (30/9/2017). Gelar ini sangat spesial karena mengantar pebalap Kawasaki Racing Team tersebut mengukir sejarah baru. 

Rea menjadi pebalap pertama dalam sejarah World Superbike yang berhasil menyabet gelar juara dunia dalam tiga musim beruntun. Rea mengunci titel dengan sangat meyakinkan karena musim ini masih menyisakan lima balapan. 

Rea butuh mengungguli Tom Sykes lebih dari lima poin, serta harus mendapat poin minimal dengan margin 12 poin dengan Chaz Davies untuk mengunci gelar. Misi tersebut berjalan mulus berkat kemenangannya yang sangat dominan, sedangkan Skyes hanya finis ketiga dan Davies tercecer di urutan ke-10. 

Rea selalu berhasil merengkuh gelar juara dunia sejak pebalap asal Irlandia Utara itu bergabung dengan Kawasaki pada awal 2015. Tahun ini menjadi musim tersukses Rea dengan memenangi 12 seri dan hanya sekali gagal naik podium. 

Noda dari catatan gemilang Rea pada musim ini terjadi pada balapan pertama di Donington Park. Dia gagal tampil kompetitif karena mengalami masalah ban belakang.  

Pebalap berusia 30 tahun tersebut langsung mendulang lima kemenangan beruntun pada awal musim. Dominasi tersebut terus dipertahankan Rea, hingga menciptakan rekor tujuh kemenangan dalam delapan balapan pertama musim ini. 

Dengan hasil ini, Jonathan Rea bakal santai menjalani lima balapan tersisa pada musim ini, dimulai dari balapan kedua di Magny-Cours. Empat balapan lainnya bakal digelar di Jerez dan Losail.