Sukses


Moto3 Valencia: Joan Mir Bikin Rekor, tapi Gagal Samai Rossi

Bola.com, Valencia - Pebalap Leopard Racing, Joan Mir, gagal menyamai rekor kemenangan terbanyak sepanjang masa di kelas ringan (125cc/Moto3) milik Valentino Rossi setelah hanya finis kedua pada balapan terakhir Moto3 2017 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (12/11/2017).

Kegagalan meraih kemenangan di Valencia membuat Mir mengakhiri musim 2017 dengan koleksi 10 kemenangan. Rekor Rossi adalah 11 kemenangan saat menjadi juara dunia kelas 125cc pada 1997.

Mir sebenarnya berpeluang menjadi juara pada balapan MotoGP Valencia karena start dari posisi kedua di belakang Jorge Martin (Del Conca Gresini Moto3). Namun, drama pada lap kedua membuyarkan impian Mir.

Mir yang sedang berada di posisi ketiga terpaksa melintasi gravel untuk menghindari Gabriel Rodrigo (RBA BOE Racing Team) yang terjatuh di depannya. Akibatnya, posisi Mir melorot hingga ke-19.

Namun, Mir mampu bangkit. Dia melewati pebalap di depannya satu demi satu. Mir hanya butuh 10 lap untuk kembali bertarung memperebutkan podium.

Mir akhirnya finis kedua setelah memenangi duel sengit dengan Marcos Ramirez (Platinum Bay Real Estate). Selisih antara Mir dan Ramirez saat masuk finis hanya 0,117 detik.

Martin yang melaju sendirian di depan sejak insiden Rodrigo dan Mir pada lap kedua akhirnya finis terdepan. Bagi Martin, ini merupakan kemenangan pertamanya di kelas Moto3. Sebelum balapan di Valencia, Martin sebenarnya delapan kali meraih pole position tapi selalu gagal mengonversi keuntungan itu menjadi kemenangan.

Meski gagal menang, podium kedua sudah cukup bagi Mir untuk mencetak rekor baru. Tambahan 20 poin hasil finis kedua di Valencia membuat sang juara dunia menutup musim dengan koleksi 341 poin dari 18 seri. Dia meraih rata-rata 18,9 poin per balapan. Total poin pebalap asal Spanyol itu merupakan yang terbanyak sepanjang masa di kelas ringan (125cc/Moto3).

Joan Mir mengunci gelar Moto3 2017 setelah memenangi balapan di Sirkuit Phillip Island, Australia, 22 Oktober. Mir tak akan mempertahankan titel Moto3 pada 2018. Dia bakal naik ke kelas Moto2 dengan membela tim Marc VDS menggantikan murid Valentino Rossi, Franco Morbidelli, yang promosi ke kelas MotoGP.

Video Populer

Foto Populer