Sukses


Ada Faktor Tontowi di Balik Penyatuan Ricky / Debby

Bola.com, Jakarta - Pelatih kepala ganda putra pelatnas, Herry Iman Pierngadi, mengungkapkan alasan memisahkan pasangan Angga Pratama dan Ricky Karanda Suwardi. Herry menilai Ricky memiliki potensi bermain pada nomor ganda campuran karena di masa lalu pernah mengalahkan Tontowi Ahmad.

Performa Angga Pratama/Ricky Karanda menjadi sorotan pada 2017 karena tak juga kunjung berprestasi. Padahal, Angga/Ricky diharapkan mampu mengimbangi ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang kini menempati ranking satu dunia. 

Sepanjang 2017, Angga/Ricky gagal memenangi turnamen level super series. Gagal memenuhi ekspektasi, keduanya dipisahkan. Angga maupun Ricky memiliki pasangan baru. Keputusan itu diambil lantaran pelatnas masih ingin memberikan kesempatan kepada mereka.

"Sebenarnya, saya telah mengultimatum Angga/Ricky setelah Indonesia Open 2017. Jika tidak mengubah gaya bermain, maka mereka akan dipisahkan. Saya masih memberikan kesempatan pada beberapa turnamen, terakhir di Hongkong Terbuka, ternyata mereka harus berpisah karena tidak bisa berkembang," kata Herry ketika ditemui Bola.com di FX Sudirman, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Herry juga mengungkap alasan memindahkan Ricky ke nomor ganda campuran. Ricky akan berduet dengan Debby Susanto yang sebelumnya jadi pasangan Praveen Jordan. Pasangan baru ini akan menjalani pertandingan debut pada turnamen Malaysia Masters 2018, bulan depan. 

Menurut Herry, keputusan itu diambil karena Ricky memiliki sejarah bermain di sektor ganda campuran. Sementara itu, Angga Saputra akan kembali berpasangan dengan Rian Agung Saputro yang baru berpisah dengan Mohammad Ahsan.

"Ricky pernah bermain di ganda campuran. Bahkan, dia sempat meraih medali emas pada PON Riau 2012 (dengan mengalahkan Tontowi/Debby Susanto). Selain itu, gaya main Ricky memungkinkan untuk tampil sebagai ganda campuran. Saya mengusulkan ke Ricky dan pelatih ganda campuran," ujar Herry.

Pada PON 2012 di Riau, Ricky Karanda Suwardi yang berpasangan dengan Richi Puspita Dili mengalahkan pasangan Tontowi Ahmad / Debby Susanto. Kini, Ricky akan berpasangan dengan Debby Susanto. 

Video Populer

Foto Populer