Sukses


Kaleidoskop Januari 2017: Ronaldo - Milla Jadi Sentral

Bola.com, Jakarta - Dunia olahraga memasuki pengujung tahun 2017. Beberapa peristiwa dan catatan prestasi terjadi selama hampir kurang lebih 12 bulan, baik dalam olahraga dalam negeri ataupun internasional.

Bola.com secara bertahap akan mencoba merangkum sejumlah catatan dalam bentuk Kaleiodoskop per bulan sepanjang 2017. Berikut ini adalah rangkuman catatan tersebut yang masuk pada Januari 2017: 

10 Januari

Achmad Kurniawan menghembuskan nafas terakhirnya

Kiper Arema FC, Achmad Kurniawan, meninggal dunia setelah mendapat perawatan intensif di RS Syaiful Anwar, Malang, Jawa Timur, selama hampir dua pekan akibat serangan jantung pada 26 Desember 2016.

Kabar meninggalnya kiper berjulukkan "AK47" itu ratusan Aremania pun meluber hingga ke jalan raya untuk memberikan penghormatan terakhir. Jenazah kiper berusia 37 tahun itu akan disemayamkan di Jakarta sesuai keinginan keluarga besarnya.

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo memenangkan The Best FIFA Men's Player 2017 pada ajang  The Best FIFA Football Awards, di London,  (23/10/2017). (AFP/Ben Stansall)

2. Cristiano Ronaldo meraih penghargaan The Best FIFA Mens Football Player 2016 atau pemain terbaik dunia. Sebelumnya, mantan pemain Manchester United itu juga meraih Ballon d'Or. Satu di antara kunci kesuksesan Ronaldo meraih penghargaan ini lantaran ia mengantarkan Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016 Prancis. 

Selain Ronaldo, FIFA juga memilih Claudio Ranieri, yang sukses menjadikan Leicester City sebagai kampiun Premier League 2015-2016, sebagai pelatih terbaik dan pemain Malaysia, Faiz Subri sebagai pemenang FIFA Puskas Award 2016.

11 Januari

Kantor FIFA di Zurich. (Dok. FIFA).

FIFA resmi mengumumkan penambahan jumlah peserta Piala Dunia dari 32 tim menjadi 48 tim. Nantinya, sebanyak 48 tim akan tergabung ke dalam 16 grup. Tiap grup akan diisi tiga negara dan dua negara peringkat teratas berhak maju ke babak 32 besar.

Format kompetisi ini disusun tanpa menambah lamanya turnamen yang saat ini berlangsung sekitar satu bulan penuh. Keputusan penambahan peserta ini akan mulai berlaku pada ajang Piala Dunia 2026.

2 dari 2 halaman

20 Januari

Pelatih asal Spanyol, Luis Milla Aspas berfoto di kantor PSSI, Jakarta, Jumat (20/1). Luis Milla Aspas resmi menukangi Timnas Indonesia dengan durasi kontrak dua tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Luis Milla resmi menjadi pelatih tim nasional Indonesia. Pelatih asal Spanyol itu menyepakati kontrak dua tahun untuk menangani Tim Garuda.

Sebagai pelatih, Milla tercatat pernah membawa Timnas Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa U-21 2011 yang digelar di Denmark. Dalam laga final enam tahun lalu itu, Matador Muda mengalahkan Swiss 2-0 di Stadion Aarhus.

22 Januari

Ganda putra Indonesia, Berry Angriawan/Hardianto, menjadi juara Malaysia Masters Grand Prix Gold 2017 setelah mengalahkan wakil tuan rumah pada babak final, Minggu (22/1/2017). (Bola.com/Twitter/antoagustian)

Ganda putra Indonesia, Berry Angriawan/Hardianto, berhasil menjadi juara Malaysia Masters Grand Prix Gold 2017. Berry/Hardianto merebut titel setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, pada babak final yang digelar di Sibu Indoor Stadium, Sibu, Sarawak, Malaysia, Minggu (22/1/2017).

Berry/Hardianto meraih gelar perdana pada turnamen debut. Mereka juga mengikuti jejak Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang juga mempersembahkan satu-satunya gelar buat Indonesia pada Malaysia Masters Grand Prix Gold 2016.

23 Januari

Presley Martono (tengah) meretas jalan menuju balapan dunia (istimewa)

Pebalap berbakat Presley Martono berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia. Pemuda berusia 15 tahun itu sukses menjadi juara umum ajang balap Formula 4 South East Asia (F4/SEA) Championship 2016-2017.

Presley pun mendapat penghargaan sebagai pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak selama satu musim. Selain itu, dia juga terpilih sebagai rookie terbaik, mengalahkan dua pesaingnya Irsyaf Danish (Malaysia) dan Khalid Al-Whaibi (Oman). 

Video Populer

Foto Populer