Kaleidoskop Februari 2017: Piala Presiden dan Piala Liga

Oleh Aning Jati pada 21 Des 2017, 08:15 WIB
Diperbarui 30 Des 2017, 15:54 WIB
Kaleidoskop Februari 2017

Bola.com, Jakarta - Tahun 2017 segera berakhir, berganti tahun baru, 2018. Berbagai peristiwa mewarnai sepanjang tahun 2017 yang jadi sorotan, baik yang menyenangkan maupun peristiwa memilukan.

Bidang olahraga, tanpa terkecuali, juga menyajikan deretan peristiwa baik terjadi terjadi di dalam maupun luar negeri, yang menjadi perhatian dari berbagai kalangan sepanjang 2017.

Bola.com secara bertahap mencoba merangkum sejumlah catatan dalam bentuk Kaleiodoskop per bulan sepanjang 2017. Berikut ini adalah rangkuman catatan tersebut yang masuk pada Februari 2017:

4 Februari

Kick-off Piala Presiden 2017 dilakukan. Pertandingan pembukaan diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, antara PSS Sleman vs Persipura Jayapura.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membagikan bola kepada penonton tanda saat membuka Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/2/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Pembukaan berlangsung meriah dan lancar dengan kehadiran Presiden RI, Joko Widodo. Presiden Jokowi membuka Piala Presiden 2017 secara simbolis dengan menendang bola, yang disaksikan puluhan ribu suporter PSS serta tamu undangan.

Pada tanggal ini pula Presiden Jokowi untuk kali pertama menunggah karya vlog-nya, yang merekam koreografi Elang Jawa suporter PSS. Di sisi lain, laga pembuka PSS vs Persipura berakhir dengan skor 0-0.

5 Februari 

Kamerun keluar sebagai juara Piala Afrika 2017 setelah di partai final yang dimainkan di Stade d'Angondje, Gabon, menumbangkan Mesir dengan skor 2-1.

Striker Kamerun, Benjamin Moukandjo, bersama rekan-rekannya merayakan keberhasilan menjadi raja Afrika usai membungkam Mesir 2-1. (EPA/Gavin Barker)

Pertandingan berlangsung dramatis karena Mesir mendominasi sepanjang pertandingan dan Kamerun sempat dalam posisi tertinggal hingga menit ke-88 sebelum akhirnya gol kemenangan muncul lewat Vincent Aboubakar. 

Hingga gol kedua Kamerun lahir, kedua tim mencetak masing-masing gol lewat Mohamed Elneny menit ke-22 dan dibalas Nicolas N'Koulou menit ke-59.

 

Selanjutnya

17 Februari

Indonesia tersingkir di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia. Kegagalan ini terjadi setelah Indonesia tumbang dari Jepang pada perempat final dengan skor ketat 2-3.

Hanna Ramadini (PBSI).

Indonesia hanya mampu merebut dua kemenangan, yakni dari nomor ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi serta dari tunggal putri, Hanna Ramadini.

Kegagalan melaju ke babak selanjutnya ini cukup disayangkan karena di fase perempat final, Indonesia sebenarnya hanya butuh satu kemenangan lagi setelah unggul 2-0. Namun, tiga nomor yang dipertandingkan selanjutnya, berujung kekalahan.

26 Februari

Jose Mourinho meraih trofi kedua bersama Manchester United. Gelar juara itu adalah Piala Liga Inggris 2016-2017, yang diraih Setan Merah setelah mengalahkan Southampton dengan skor 3-2 di Stadion Wembley.

Para pemain Manchester United merayakan keberhasilan meraih gelar Piala Liga usai menaklukkan Southampton di Stadion Wembley, Inggris, Minggu (26/2/2017). MU menang 3-2 atas Southampton. (AFP/Ian Kington)

Sebelumnya, pada laga Community Sheild, Mourinho membawa Manchester United mengalahkan Leicester City.

Pada pertandingan kontra Southampton yang berujung gelar Piala Liga Inggris, Zlatan Ibrahimovic tampil sebagai pahlawan berkat golnya jelang babak kedua berakhir. Ibra juga mencetak gol lewat tendangan bebas pada babak pertama.

Gol Manchester United lainnya dihasilkan lewat Jesse Lingard. Sementara dua gol The Saints diborong Manolo Gabbiadini.

Kemenangan atas Southampton ini jadi gelar kelima Setan Merah di ajang Piala Liga Inggris. Prestasi sama diukir pada edisi 1991-1992, 2005-2006, 2008-2009, dan 2009-2010.