Sukses


Kaleidoskop Agustus 2017: Saga Transfer Neymar dan Timnas U-22

Bola.com, Jakarta - Momen penting dan berkesan terjadi di dunia olahraga sepanjang 2017. Sebelum memasuki 2018, Bola.com coba merangkum beberapa hal menarik, terutama pada Agustus 2017.

Salah satu momen paling berkesan adalah perhelatan SEA Games 2017 di Malaysia. Pesta olahraga antar negara di Asia Tenggara itu dibuka pada 19 Agustus dan berakhir pada 30 Agustus 2017.

Tercatat, 4646 atlet dari 11 negara turut serta dalam ajang tersebut. Enam kota di Malaysia menjadi tempat dihelatnya sejumlah pertandingan olahraga, yakni Kuala Lumpur, Selangor, Putrajaya, Negeri Sembilan, Terengganu, dan Kedah.

Malaysia yang berstatus tuan rumah keluar sebagai juara umum dengan memperoleh 322 medali, dengan rincian 144 medali emas, 91 medali perak, dan 86 medali perunggu. Sementara itu, Indonesia menghuni posisi lima dengan perolehan 191 medali.

Selain perhelatan SEA Games 2017, beberapa kejadian penting juga terjadi di dunia olahraga pada Agustus 2017, baik dalam maupun luar negeri. Bola.com coba merangkum beberapa di antaranya.

 

2 dari 7 halaman

Resmi, Neymar Pindah dari Barcelona ke PSG (4 Agustus 2017)

Neymar merupakan salah satu pemain yang banyak diburu klub-klub besar Eropa pada musim panas 2017. Paris Saint-Germain merupakan klub yang paling serius menginginkan servis pemain asal Brasil itu.

Setelah mengeluarkan dana 222 juta euro atau setara Rp 3,5 triliun, PSG sukses menebus Neymar dari Barcelona. Si pemain secara resmi menjadi pesepak bola termahal dunia, mengalahkan rekor Paul Pogba saat direkrut Manchester United dari Juventus pada 2016.

Les Parisiens menjadi klub ketiga Neymar selama berkarier sebagai pemain profesional. Sebelumnya, Neymar bermain untuk Santos pada 2009-2013 dan Barcelona pada 2013-2017.

3 dari 7 halaman

Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games, Menpora Protes (19 Agustus 2017)

Sejumlah kontroversi terjadi pada perhelatan SEA Games 2017 di Malaysia, mulai dari keputusan wasit yang lebih menguntungkan atlet tuan rumah, peristiwa tak mengenakkan yang dialami atlet dari beberapa negara, hingga pengaturan skor pada cabang olahraga sepak bola.

Namun yang paling diingat publik di Tanah Air adalah terbaliknya bendera Merah-Putih pada buku panduan SEA Games 2017. Kekeliruan yang dilakukan oleh panitia SEA Games membuat Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, kecewa.

Menpora meluapkan kekecewaan itu kepada wartawan dan lewat cuitan di akun Twitter pribadinya. Permasalahan ini pun menjadi viral di dunia maya, dan netizen di Indonesia mengecam Malaysia hingga membuat tanda pagar 'Shame On You Malaysia'.

Permasalahan ini ditanggapi serius oleh pemerintah Malaysia. Melalui Menteri Pemuda dan Olahraga, Khairy Jamaluddin, Malaysia meminta maaf. Khairy pun menemui langsung Menpora Imam Nahrawi untuk menyampaikan permintaan maaf tersebut.

4 dari 7 halaman

Barcelona Resmi Dapatkan Pengganti Neymar (25 Agustus 2017)

Setelah menjual Neymar ke Paris Saint-Germain, Barcelona memiliki dana melimpah untuk membeli pemain baru. Manajemen El Barca memilih Ousmane Dembele untuk mengisi pos yang ditinggalkan Neymar.

Manajemen Los Cules harus mengeluarkan dana 105 juta euro atau sekitar Rp 1,68 triliun demi bisa menebus Dembele dari Borussia Dortmund. Angka tersebut bisa bertambah sesuai dengan performa Dembele selama membela Barcelona.

Bersama Blaugrana, pemain 20 tahun tersebut sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima musim. Dia memiliki klausul pembelian yang mencapai 400 juta euro atau sekitar Rp 6,4 triliun.

5 dari 7 halaman

Mayweather Menang TKO atas McGregor pada Ronde ke-10 (27 Agustus 2017)

Duel antara Floyd Mayweather Jr melawan Conor McGregor merupakan salah satu pertarungan tinju yang paling dinanti tahun ini. Bahkan, laga yang berlangsung di T-Mobile Arena, Sabtu (26/8/2017) atau Minggu (27/8/2017) WIB, dianggap sebagai duel tinju abad ini.

Sebab, Mayweather merupakan salah satu petinju dengan koleksi sabuk juara terbanyak dan tak terkalahkan. Sementara itu, McGregor adalah pemegang sabuk juara kelas bulu dan kelas ringan di UFC.

Pertarungan pun berjalan sengit sejak ronde-ronde awal. Bahkan, McGregor mampu melepaskan pukulan yang menghantam wajah dan badan Mayweather.

Namun pada akhirnya pengalaman yang berbicara. Mayweather yang telah lama bergelut di dunia tinju berhasil meraih kemenangan technical knock out (TKO) atas McGregor pada ronde ke-10.

6 dari 7 halaman

Hasil Kejuaraan Dunia: Tontowi / Liliyana Juara, China 2 Gelar (28 Agustus 2017)

Ganda campuran terbaik di Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berhasil menambah koleksi gelar juara pada tahun ini. Keduanya mampu merengkuh medali emas dari ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017.

Tontowi/Liliyana menggenggam gelar juara dunia setelah mengalahkan ganda unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/Chen Qingchen, dalam pertarungan tiga gim. Owi/Butet menang 15-21, 21-16, 21-15.

Gelar tersebut menjadi satu-satunya emas bagi Indonesia. Satu wakil Indonesia lainnya yang tampil di final, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, gagal merengkuh gelar. Medali emas untuk nomor ganda putra menjadi milik pasangan China, Liu Cheng/Zhang Nan, yang mengalahkan Ahsan/Rian 21-10, 21-17.

7 dari 7 halaman

Kalahkan Myanmar, Timnas U-22 Pulang Bawa Medali Perunggu (29 Agustus)

Timnas Indonesia U-22 memiliki target tinggi pada SEA Games 2017. Evan Dimas dan kawan-kawan diharuskan meraih medali emas pada pesta olahraga antarnegara di Asia Tenggara tersebut.

Sayangnya, skuat Garuda Muda gagal lolos ke final. Menghadapai Malaysia pada laga semifinal, Indonesia menyerah dengan skor 0-1.

Meski gagal meraih medali emas, skuat asuhan Luis Milla itu mampu merengkuh medali perunggu. Menghadapi Myanmar pada laga perebutan tempat ketiga, timnas Indonesia U-22 meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Video Populer

Foto Populer