Pelatih: Stefer Rahardian Tak Memiliki Titik Lemah

Oleh Nurfahmi Budi pada 11 Jan 2018, 23:26 WIB
Stefer Rahardian MMA

Bola.com, Badung - Stefer Rahardian memiliki tugas berat kala mendapat tantangan dari Muhammad Imran, pada ajang pertarungan Mixed Martial Arts (MMA) ONE Championship, yang bakal berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2018) mendatang. Stefer Rahardian akan memertahankan status tak terkalahkan.

Jelang bersua musuh asal Pakistan, Stefer Rahardian bakal masuk ring dengan status tak pernah kalah dalam enam pertarungan sebelumnya. Hal itu membuat posisi Stefer Rahardian diunggulkan, selain status sebagai tuan rumah.

Namun, bagi Pelatih Stefer Rahardian, Don Carlo-Clauss, sang anak asuh sudah memiliki 'senjata' selain status tuan rumah dan catatan selalu menang pada enam laga. Menurutnya, dua modal tersebut memang bisa memberikan benefit luar biasa bagi Stefer Rahardian, terutama meningkatnya sisi psikologi karena bertarung di depan pendukung sendiri.

"Itu bagus, tapi menurutku yang paling kuat adalah kondisi serta kekuatan yang datang dari dalam diri Stefer Rahardian.. Sebagai petarung, saya harus jujur, Stefer Rahardian tak memiliki titik lemah, tak ada celah bagi lawan," sebut Don Carlo.

Bagi Stefer Rahardian, mendapat pelatih seperti Don Carlo-Clauss menjadi keuntungan luar biasa. Maklum, Don Carlo adalah mantan petarung yang berasal dari New York, dan sukses di Amerika Serikat serta Kanada. Pada event MMA, seperti yang tertera di situs Sherdog, Don Carlo tercatat mengoleksi 10 kemenangan dan 7 kekalahan.

Sahabat Bola.com bisa menyaksikan pertarungan-pertarungan seru di panggung MMA ONE Championship, yang akan berlangsung Sabtu (20/1/2018) mulai pukul 19.00 WIB, melalui layanan Live Streaming di Bola.com. Silakan klik di sini.

Stefer Rahardian semakin mendapat benefit dari keberadaan Don Carlo-Clauss, karena sang pelatih menghabiskan karier di Thailand, tepatnya bersama tim asal Phuket. Walhasil, hampir bisa dipastikan Don Carlo-Clauss sangat mengerti dengan gaya permainan para petarung asal Asia, termasuk Muhammad Imran, calon lawan Stefer Rahardian.

Bagi Don Carlo-Clauss, sosok Stefer Rahardian memiliki sifat yang membuatnya bakal menjadi seorang petarung hebat. Ia mengungkapkan, Stefer Rahardian punya kemauan keras, disiplin, sanggup membagi waktu, cepat beradaptasi, mudah menyerap materi latihan, dan selalu berkomunikasi dengan baik terkait kelemahan serta kekuatan dirinya.

"Saya menegaskan, Stefer Rahardian tak memiliki kelemahan, dan itu yang akan membuatnya menjadi seseorang yang hebat di masa depan. Saya pikir dia layak menjadi juara dunia asalkan disiplin, terus belajar dan bisa menguasai diri," sebut Don Carlo-Clauss.

Bagi Don Carlo-Clauss, penguasan diri seorang petarung MMA sangat penting. Segala kelebihan bakal sia-sia jika tak bisa mengontrol emosi. "Stefer Rahardian akan membuat bangga Indonesia, dan bertemu Imran akan memberinya jalan ke gelar juara dunia," tegasnya.

Stefer Rahardian mengamini komentar Don Carlo-Clauss. Ia mengaku mendapat bayak masukan dari sang pelatih selama melakoni sesi latihan di Bali MMA Club, Badung, Bali. "Selasa (16/1/2018) saya akan ke Jakarta, setelah itu berlatih lagi, dan pelajaran dari pelatih akan segera saya praktikkan guna menaklukkan Imran," katanya, kepada Bola.com, Kamis (11/1/2018) malam.

Bagi Sahabat Bola.com yang ingin melihat aksi Stefer Rahardian, jangan lupa saksikan siaran langsungnya di SCTV dan live streaming di Vidio.com. Selain itu, Sahabat Bola.com bisa hadir dan ikut menjadi saksi sepak terjang petarung MMA ONE Championship asal Indonesia tersebut di Jakarta Convention Centre, Sabtu (20/1/2018).