Sukses


137 Atlet Berprestasi Indonesia Resmi Diangkat Jadi PNS

Bola.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) atas rekomendasi Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) secara resmi mengangkat 137 atlet Indonesia berprestasi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Selasa (17/1/2018) pagi. Para atlet-atlet yang berprestasi tersebut diangkat jadi PNS melalui formasi khusus.

Para atlet yang mendapatkan kesempatan diangkat menjadi PNS melalui formasi khusus ini merupakan sosok yang telah berprestasi di level dunia maupun Asia Tenggara. Formasi khusus merupakan skema pengangkatan PNS tanpa harus melalui test sebagaimana pengangkatan melalui formasi umum.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenPAN-RB), Asman Abnur, mengatakan adanya formasi khusus ini membuat para atlet tak perlu lagi mengkhawatirkan masa depannya. Hal ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah demi menjamin masa depan atlet.

"Kami berharap dengan adanya motivasi baru ini para atlet tidak memikirkan lagi hal-hal terkait apa pekerjaan mereka di masa depan setelah tidak lagi produktif sebagai atlet, jadi dengan formasi khusus PNS ini, mereka telah memiliki kepastian di masa depannya," kata Asman.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengaku berterima kasih dengan adanya formasi khusus yang diberikan untuk para atlet berprestasi. Menurut Imam, jaminan masa depan yang diberikan oleh pemerintah terhadap atlet berprestasi bakal semakin meningkatkan semangat besar kebangkitan olahraga Indonesia.

"Ini betul-betul menjadi kabar terbaik dari Pak MenPAN-RB bagi seluruh insan olahraga, baik atlet dan pelatih, pastinya ini menjadi sejarah dan semangat besar kebangkitan olahraga tanah air," ucap Imam.

"Kami juga akan terus mengawal para atlet sejak awal mereka mengikuti pemusatan latihan, mulai dari pemberian honor dan gaji yang layak agar mereka terus bersemangat dan fokus pada prestasi, lalu memantau asupan nutrisi dan gizinya, memantau pelatihannya, hingga diujungnya saat mereka berprestasi tambahan bonus juga akan diberikan oleh pemerintah," tegas politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Perenang nasional yang juga diangkat menjadi PNS, I Gede Siman Sudartawa, mengaku bahagia dengan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah. Menurut Siman, hal semacam ini semakin memotivasi dia dan para atlet lainnya untuk terus berprestasi demi Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Presiden Jokowi, terima kasih kepada Menpora Imam Nahrawi dan Bapak MenPAN RB Asman Abnur untuk pengangkatan PNS nya jadi kami bisa fokus berlatih dan tidak memikirkan pekerjaan setelah tidak menjadi atlet lagi. Semoga kebijakan ini menjadi penyemangat sehingga banyak bibit-bibit muda atau atlet-atlet muda yang bermunculan dari setiap cabang olahraga," ujar perenang asal Bali itu.

2 dari 2 halaman

Daftar Atlet Ternama dan Berprestasi yang Diangkat menjadi PNS

1. Ni Nengah Widiasih (Peraih Emas Angkat Berat, ASEAN Para Games 2017)

2. Eki Febri Ekawati (Peraih Emas Tolak Peluru, SEA Games 2017)

3. Eko Yuli Irawan (Peraih Perak Angkat Besi, Olimpiade Rio 2016)

4. Sri Wahyuni Agustiani (Peraih Perak Angkat Besi, Olimpiade Rio 2016)

5. Rifda Irfana Luthfi (Peraih Emas Senam, SEA Games 2017)

6. I Gede Siman Sudartawa (Peraih Emas Renang, SEA Games 2017)

7. Mohammad Ahsan (Peraih Emas Bulutangkis Ganda Putra, Asian Games 2014)

8. Hendra Setiawan (Peraih Emas Bulutangkis Ganda Putra, Asian Games 2014)

9. Tontowi Ahmad (Peraih Emas Bulutangkis Ganda Campuran, Olimpiade Rio 2016)

10. Liliyana Natsir (Peraih Emas Bulutangkis Ganda Campuran, Olimpiade Rio 2016)

11. Greysia Polii (Peraih Emas Bulutangkis Ganda Putri, Asian Games 2014)

12. Anthoni Gintings (Peraih Emas Badminton Asia Team Championship 2016, Peraih Perak Thomas Cup 2016)

13. Kevin Sanjaya (Peraih Emas Ganda Putra, All England 2017)

14. Marcus Ferinaldi (Peraih Emas Ganda Putra, All England 2017)

15. Christopher Rungkat (Peraih Emas Tenis, SEA Games 2017)

16. Lindswel Kwok (Peraih Emas Wushu, SEA Games 2015 dan 2017, Peraih Perak Taijiquan Championship Polandia 2016).

Video Populer

Foto Populer