Sukses


Tontowi / Liliyana Mundur dari India Terbuka 2018

Bola.com, Jakarta - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mundur dari turnamen India Terbuka 2018 BWF World Tour 500. Pelatih kepala ganda campuran, Richard Mainaky, mengatakan keputusan itu diambil karena kondisi Tontowi kurang maksimal. 

“Kondisi Tontowi kurang siap. Sebelum Indonesia Masters, persiapan dan konsentrasinya sedikit terganggu jelang kelahiran anak keduanya,” kata Richard, seperti dilansir situs PBSI, Selasa (30/1/2018). 

“Jadi kelihatan di final Indonesia Masters tidak tahan fokus dalam menghadapi tekanan-tekanan dari pasangan China (Zheng Siwei/Huang Yaqiong). Mereka tidak bisa menjalankan pola dan strategi untuk meredam serangan Zheng/Huang."

“Semalam Tontowi sendiri yang menelepon saya dan menyampaikan keraguan untuk bertanding dengan kondisi yang kurang maksimal. Jadi saya putuskan untuk batal saja di India Terbuka. Keadaan seperti ini memang tidak bisa dihindari, harus dijalani. Lebih baik mereka persiapkan diri jelang All England,” tambah Richard.

Selain ganda putra, ganda campuran merupakan salah satu sektor tumpuan Indonesia. Mundurnya Tontowi/Liliyana membuat target tim ganda campuran di India Open 2018 direvisi.

“Targetnya tetap semaksimal mungkin, minimal lolos ke semifinal dulu,” kata Richard. 

Tanpa Tontowi/Liliyana, sektor ganda campuran menyisakan tiga wakil yang akan bertanding di India Terbuka 2018. Mereka adalah Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Pada babak pertama, Rabu (31/1/2018), Praveen/Melati akan bertemu dengan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia). Jika lolos, Praveen/Melati kemungkinan berjumpa Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto. Namun dengan catatan, Ricky/Debby harus melewati laga pertama melawan Mak Hee Chun/Ting Yeung Nga (Hong Kong).

Sementara itu, Hafiz/Gloria sudah ditunggu wakil tuan rumah yang juga unggulan kedelapan pada India Terbuka 2018, Pranaav Jerry Chopra/Sikki Reddy N.

Seperti diketahui, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir baru saja menjadi runner up pada Indonesia Masters 2018. Di partai final, mereka takluk dari ganda kuat China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. 

Video Populer

Foto Populer