Sukses


Bekuk India, Timnas Basket Indonesia Rebut Medali Emas

Jakarta - Timnas basket putra Indonesia sukses merengkuh medali emas pada test event Asian Games 2018. Pada laga final melawan India yang dihelat di Hall A Basket Gelora Bung Karno (GBK), Senin (12/2/2018), timnas Indonesia menang 78-68.

Timnas basket putra Indonesia tampil dominan sejak kuarter pertama. Mengandalkan Andakara Prastawa Dhyaksa, Prawiro Xaverius, Daniel Wenas, dan Christian Ronaldo Sitepu, tim besutan Fictor G Roring itu tak terbendung.

Namun, pertarungan berjalan sangat ketat saat kuarter pertama. Buktinya, Indonesia hanya bisa menutup kuarter pertama dengan keunggulan 21-20. Baru pada kuarter kedua Indonesia mampu melepaskan tekanan dari India.

Kuarter kedua ditutup dengan keunggulan tim basket Indonesia 39-30. Pemain Indonesia yang paling mencolok hingga kuarter kdua adalah Prawiro. Tercatat, ia mampu menyumbang 15 poin, sembilan di antaranya didapat dari 3 points.

Selain itu, banyak poin Indonesia yang didapat dari kesalahan pemain India asuhan Rajinder Singh. Tercatat, ada 11 poin yang direngkuh Indonesia dari turnovers. Pada akhirnya, kuarter ketiga ditutup dengan keunggulan 58-45.

 

2 dari 2 halaman

Sengit di Kuarter Empat

Tim Basket Putra Indonesia (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pertarungan sengit terjadi pada kuarter keempat. India sempat mengejar ketertinggalan menjadi 65-69. Itu karena Indonesia membuang-buang banyak kesempatan untuk mencetak poin. Untungnya, tuan rumah mampu menjaga fokus hingga peluit tanda laga berakhir dibunyikan.

Indonesia menutup duel kontra India dengan keunggulan 78-68. Ini juga menjadi ajang pembalasan bagi Indonesia karena pada pertemuan sebelumnya mereka menyerah dari India. Untuk perebutan perunggu, Thailand menang telak atas Timor Leste, yakni dengan skor 139-76.

Cabang basket sendiri sudah dihelat sejak 8 Februari 2018. Pada laga perdana, tim Merah Putih sukses mempecundangi Timor Leste 135-30. Pada laga kedua, India yang menjadi lawan mereka. Saat itu Indonesia takluk 55-66. Sebelum masuk ke final, Indonesia juga sukses menaklukkan Thailand 60-38.

Video Populer

Foto Populer