Berpeluang ke Semifinal, Timnas Voli Indonesia 2 Tak Ingin Jemawa

Oleh Zulfirdaus Harahap pada pada 13 Feb 2018, 19:40 WIB
Invitation Test Asian Games 2018 Voli

Bola.com, Jakarta - Kapten tim nasional voli putra Indonesia 2 (Bank SumselBabel), Aji Maulana, menilai timnya masih membutuhkan perbaikan untuk memberikan penampilan terbaik di semifinal test event Asian Games 2018.

Indonesia mengalahkan Hong Kong tiga set langsung 25-21, 25-18, dan 25-20, pada matchday ketiga test event Asian Games 2018 yang berlangsung di Tennis Indoor Hall Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/2/2018). Kemenangan ini menjadi edisi yang kedua setelah sebelumnya mereka juga mampu mengalahkan Jepang dalam lima set.

Aji Maulana menilai, timnya bisa menang mudah atas Hong Kong karena mencoloknya perbedaan kualitas dengan Jepang. Meski begitu, Aji menilai timnya masih harus melakukan perbaikan terutama pada servis, blok, dan pertahanan.

"Pertandingan tadi lebih ringan karena Hong Kong memiliki kualitas jauh di bawah Jepang yang kami hadapi kemarin. Persiapan tim juga sudah lebih baik," kata Aji dalam konferensi pers seusai pertandingan.

"Namun, kekurangannya masih banyak dalam permainan dan harus diperbaiki seperti pada servis, blok, dan pertahanan. Semoga bisa lebih baik lagi di semifinal," ujar pemain berusia 27 tahun tersebut.

Sementara itu, pelatih Hong Kong, Yau Hok Chun, memberikan apresiasi terhadap permainan anak asuhnya. Yau Hok Chun mengaku timnya masih memiliki penampilan yang tidak konsisten dan masih perlu dilakukan perbaikan.

"Secara keseluruhan, kami sangat menikmati jalannya pertandingan tadi. Akan tetapi, penampilan tim tidak konsisten, kadang bagus dan kadang buruk. Itu sebenarnya adalah hal yang wajar karena mayoritas pemain kami masih berusia muda," kata Yau Hok Chun.

"Kami beruntung bisa mengikuti test event ini. Mereka juga sudah memberikan yang terbaik," tegas Chun.

Kemenangan ini membuat tim nasional voli putra Indonesia 2 (Bank SumselBabel) berpeluang besar lolos ke semifinal test event Asian Games 2018. Saat ini, mereka menghuni posisi kedua klasemen sementara di bawah tim nasional voli putra Indonesia 1 (Jakarta Pertamina Energi) yang akan melakoni pertandingan matchday ketiga melawan Jepang, Selasa (13/2/2018) malam WIB.