Sindhu dan Nehwal Jadi Inspirasi Kebangkitan Pebulutangkis India

Oleh Yus Mei Sawitri pada 18 Feb 2018, 21:10 WIB
Diperbarui 20 Feb 2018, 20:15 WIB
PV Sindhu

Bola.com, Hyderabad - Pebulutangkis putra India, HS Prannoy, menyebut perubahan pola pikir yang positif menjadi faktor di balik kesuksesan dua bintang bulutangkis putri, Pusarla Venkata Sindhu dan Saina Nehwal. Keduanya kini telah bercokol sebagai pebulutangkis putri papan atas dunia dan dianggap menginspirasi pemain-pemain India lainnya untuk mengikuti jejak mereka. 

Menurut Prannoy, kedua kompatriotnya tersebut selalu berpikir positif saat menghadapi lawan yang lebih berat. 

"Satu hal yang berubah dari kami semua (para pemain) adalah keyakinan (untuk menang). Dalam lima atau enam tahun terakhir saya bisa melihat perbedaan itu," kata Prannoy seperti dilansir Times of India, Minggu (18/2/2018). 

"Sebelumnya kami bisanya turun bertanding dan ketika melihat nama-nama besar, kami bilang laga bakal berat. Sekarang kalau melihat nama-nama besar kami lebih percaya diri," imbuh pemain yang menempati ranking 11 dunia tersebut. 

Prannoy mengatakan ketika Nehwal dan Sindhu mulai menjuarai turnamen besar dan mengalahkan pemain China, pemain lain ikut percaya diri. Rekan-rekan Sindhu dan Nehhwal juga mulai yakin bisa mengikuti jejak kedua bintang bulutangkis India tersebut. 

"Pertama kali saya mulai bermain menghadapi mereka (pemain China), saya sangat menghormati mereka, sehingga saya bermain dalam diam," urai Prannoy.

"Hal itu yang berubah dalam beberapa tahun belakangan ini, yaitu keyakinan, terutama dalam satu atau dua tahun terakhir. Kredit besar pantas diberikan kepada Saina dan Sindhu, karena mereka yang memulainya." 

"Saat mereka mulai memenangi turnamen lebih besar, saat mereka mulai mengalahkan pemain-pemain China lebih sering, maka saat itulah seluruh pebulutangkis India percaya diri. Jika mereka bisa melakukannya, mengapa kami tidak," ujar Prannoy. 

Pusarla V. Sindhu kini menempati peringkat empat di sektor tunggal putri, sedangkan Saina Nehwal bercokol di ranking ke-11.