Buka Rapat Tahunan KOI, Menko PMK Minta Asian Games Tak Dipengaruhi Unsur Politik

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 28 Feb 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 02 Mar 2018, 18:17 WIB
Asian Games 2018, KOI

Bola.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, berharap penyelenggaraan Asian Games 2018 tak terpengaruh dengan unsur politik. Dia juga berharap semua pihak bisa memanfaatkan kesempatan menjadi tuan rumah Asian Games.

Harapan ini dipaparkan Puan ketika membuka Rapat Anggota Tahunan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (28/2/2018). Kegiatan ini juga dihadiri Menpora Imam Nahrawi, Ketua KONI Tono Suratman, para pengurus cabang olahraga dan tokoh olahraga nasional.

"Setelah tahun 1962, baru sekarang lagi Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Ini suatu kesempatan yang tentu saja harus kita manfaatkan, bukan hanya untuk prestasi olahraga, tapi kita juga harus bisa menunjukan dengan olahraga, Indonesia bisa menunjukkan sportifitas, solidaritas, serta semangat persatuan dan kesatuan," kata Puan dalam sambutannya, seperti dikutip situs resmi Kemenko PMK.

"Untuk Asian Games, kita jangan sampai terpengaruh tahun politik karena ini adalah prestasi Indonesia, prestasi Merah Putih yang harus kita kibarkan di momen olahraga internasional ini," tambahnya.

Asian Games 2018 akan mulai dihelat pada 18 Agustus 2018. Jakarta dan Palembang didapuk sebagai kota penyelenggara. Puan Maharani berharap Rapat Tahunan KOI ini bisa menghasilkan rumusan yang strategis untuk menghadapi Asian Games 2018.

"KOI harus segera berkonsolidasi secara internal untuk memperkuat diri menghadapi tantangan dalam menyukseskan Asian Games 2018 dengan mengedepankan gotong royong," tutur Puan.