ARRC 2018: Rafid Topan Rebut Podium pada Balapan Kedua AP250

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 04 Mar 2018, 14:38 WIB
ARRC, AHRT, Mario Suryo Aji

Bola.com, Buriram - Pebalap AP Honda Thailad, Muklada Sarapuech, menjuarai balapan kedua seri pembuka Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 kelas Asia Production 250 di Sirkuit Buriram, Thailand, Minggu (4/3/2018). Dia mengungguli dua pebalap Yamaha, Rafid Topan dan Kanatat Jaiman.

Muklada menyelesaikan balapan yang berlangsung 10 lap dengan catatan waktu 19 menit 11,848 detik. Dia unggul 0,182 detik atas Rafid yang menggeber motor Yamaha Yamalube KYT TJM WR Super Battery. Sementara Kanatat yang membela Yamah Racing Thailand, berselisih 0,185 detik.

Sementara pebalap Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji, harus puas finis kelima pada balapan ini. Dia kalah cepat dari Peerapong Boonlert yang finis keempat.

Mario mengawali balapan dengan baik. Tak seperti balapan pertama, kali ini bocah asal Magetan itu mampu melakukan start dengan mulus. Dia mampu mempertahankan posisi ketiga pada awal balapan.

Kejutan dibuat pebalap AHRT, Awhin Sanjaya. Pada lap ketiga, Awhin mampu berada di posisi kedua. Dia berada tepat di belakang rekan timnya, Rheza Danica Ahrens, yang memimpin balapan.

Persaingan dalam perebutan posisi depan menjadi kian sengit pada lap ke-6. Awhin memimpin diikuti M Faerozi, Muklada, dan Rheza Danica.

Persaingan panas pada balapan kedua memakan korban. Tercatat tiga pebalap mengalami insiden. Beruntung ketiganya tak mengalami cedera parah.

Saat balapan tersisa dua lap, persaingan terjadi antara pebalap Yamaha Indonesia dengan Astra Honda Indonesia. Awhin ditempel ketat Faerozi. Sedangkan Rheza dan Rafid Topan menguntit di belakang.

Saat lap terakhir, Muklada membuat manuver luar biasa. Dia berhasil berada di depan memimpin balapan. Muklada pun memenangi persaingan ketat dengan Rafid dan Kanatat pada balapan kedua seri pembuka ARRC 2018.