Impresif pada Asia Talent Cup 2018 Seri Qatar, Ini Komentar 4 Pebalap Muda Indonesia

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 18 Mar 2018, 13:15 WIB
Diperbarui 20 Mar 2018, 12:16 WIB
Asia Talent Cup 2018, Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji

Bola.com, Losail - Pebalap muda Indonesia, Mario Suryo Aji, mengharumkan nama bangsa dengan menempati podium kedua balapan pertama seri pembuka Asia Talent Cup 2018, Jumat (17/3/2018). Dia kalah tipis dari pebalap Jepang, Haruki Noguchi.

Mario Aji menyelesaikan balapan dengan selisih 0,034 dari Noguchi, yang memenangi balapan pertama ini. Sementara podium ketiga ditempati pebalap Jepang, Sho Nishimura.

Selain Mario Aji, pebalap muda Indonesia yang juga mencatatkan hasil bagus adalah M Adenanta Putra, Afridza Munanda, dan Agung Fahcrul. Ketiga pebalap binaan Astra Honda Motor itu finis di posisi kelima, keenam dan kedelapan.

Perjuangan mereka layak diacungi jempol. Sebut saja Fachrul yang mampu finis di posisi kedelapan setelah mengawali balapan dari posisi buncit.

Perjuangan keempat pebalap muda Indonesia ini pada seri pembuka Asia Talent Cup 2018 di Sirkuit Losail, Qatar, belum berakhir. Mereka akan melakoni balapan kedua yang berlangsung Minggu (18/3/2018), sebelum gelaran balapan MotoGP.

Lantas bagaimana komentar para pebalap muda Indonesia binaan Astra Honda Motor setelah menyelesaikan balapan pertama Asia Talent Cup 2018 seri Qatar?

 

Asia Talent Cup 2018, Astra Honda Motor,
Para pebalap muda Indonesia binaan Astra Honda Motor tampil impresif pada balapan pertama seri pembuka Asia Talent Cup 2018 di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (17/3/2018). (Astra Honda Racing Team)

Mario Suryo Aji, Finis podium dua

"Balapan pertama sangat menarik. Start dari posisi kedua memberikan keuntungan sehingga saya bisa bertarung di depan. Sejak awal balapan, saya berusaha fokus karena saya tahu ini tidak akan mudah. Sepanjang balapan saya sangat menikmati bersaing dengan Haruki Noguchi, saling bertukar posisi, dan melakukan overtake. Namun, menjelang garis finis saya sedikit terlalu cepat melakukan "serangan" sehingga gagal juara. Saya cukup puas dengan hasil tersebut. Semoga pada balapan kedua saya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik yakni naik podium juara."

M Adenanta Putra, Finis di posisi kelima

"Balapan yang berat. Sepanjang minggu saya masih berusaha untuk beradaptasi dengan karakter sirkuit ini. Cedera saya yang terkadang masih terasa, jadi tantangan tersendiri. Memulai balapan dari posisi start ke-12 juga bukan pekerjaan yang mudah. Namun, saya mampu fokus dan perlahan-lahan maju. Akhirnya, saya berhasil meraih posisi ke-5. Semoga hasil ini bisa menjadi modal yang baik saat turun pada balapan kedua."

Afridza Munandar, Finis posisi keenam

"Saya cukup puas dengan hasil ini. Saya mengawali minggu ini dengan cukup berat, terjatuh dua kali saat latihan bebas. Berbekal start di posisi ke-8, saya berusaha untuk bisa fight di grup kedua, karena grup terdepan sudah jauh. Alhamdulillah, saya mampu finis di posisi ke-6 pada debut balap saya di luar Indonesia. Semoga hasil balapan kedua bisa jauh lebih baik dari balapan pertama."

Agung Fachrul, Finis posisi kedelapan

"Balapan yang seru, tetapi keberuntungan belum berpihak kepada saya. Saat akan warm up, mesin motor saya tiba-tiba mati sehingga harus start dari grid paling belakang. Namun, saya tetap fokus dan yakin mampu bersaing di grup depan. Alhamdulillah, perlahan saya mampu maju dari posisi belakang dan akhirnya finis di posisi ke-8. Pada balapan kedua, saya akan berusaha maksimal untuk memanfaatkan pole position yang sudah saya dapatkan demi meraih hasil bagus."