Daniel Ricciardo: Saya Memenangi Balapan yang Tak Membosankan

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 15 Apr 2018, 18:45 WIB
Daniel Ricciardo, F1 GP China

Bola.com, Shanghai - Pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, menyambut hangat kemenangannya pada balapan F1 GP China di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (15/4/2018). Dia menyebut kemenangan ini diraih dalam balapan yang sangat menantang

Ricciardo juga mengatakan, kemenangan ini merupakan imbalan nyata bagi para mekaniknya, mengingat ia mengalami masalah mesin setelah kualifikasi pada Sabtu (14/4/2018).

Mesin Ricciardo sempat mengalami kerusakan turbo pada akhir sesi latihan bebas ketiga, hingga Red Bull hanya punya waktu dua jam untuk memperbaikinya sebelum kualifikasi. Start dari posisi keenam, kemenangan ini jelas terasa sangat manis. Red Bull pun memanfaatkan turunnya Safety Car untuk melakukan pit stop kepada Ricciardo dan Max Verstappen, dan inilah momen kunci kemenangan Ricciardo.

"Balapan ini menyenangkan, sungguh tak terduga. Padahal 24 jam yang lalu, saya pikir saya bakal start dari posisi terbuncit, jadi saya berterima kasih kepada tim saya. Ini adalah bayaran nyata untuk kerja keras mereka selama sesi kualifikasi. Terima kasih kepada semua orang," ujar Ricciardo di atas podium.

"Situasinya cukup kacau, saya dengar ada Safety Car saat berada di Tikungan 14 dan tim akan melakukan pit stop ganda. Semua berjalan begitu cepat dan ini adalah strategi penentu. Ini adalah aksi penentu kemenangan, jadi terima kasih kepada semua orang di Red Bull. Akhirnya saya meraih kemenangan," tuturnya.

Pembalap Australia ini pun memanfaatkan ban yang lebih baru untuk melakoni aksi salip spektakuler kepada Kimi Raikkonen, Lewis Hamilton, Sebastian Vettel dan Valtteri Bottas. "Kadang Anda memang harus nekat. Saya sangat menikmatinya. Jelas kami punya ban lunak, jadi saya tahu kami bisa melakukan pengereman lebih baik. Ada banyak kesempatan, jadi saya memaksimalkannya," ungkap The Honey Badger.

"Rasanya sengit sekali. Agresif tapi fair. Saya melihatnya bertahan jadi saya ingin melakukannya lebih baik. Saya tahu akan selalu ada cukup ruang dan ban saya punya grip yang baik. Kemungkinan terburuk saya bisa melebar, dan bisa mendapatkan kesempatan di tempat lain," pungkas Daniel Ricciardo.

Sumber: Bola.net