Sukses


    Bulutangkis dan Pencak Silat Tetap Dipertandingkan di SEA Games 2019

    Bola.com, Manila - Organizing Committee SEA Games 2019 Filipina akhirnya menerima keberatan yang diajukan Indonesia atas pencoretan dua cabang olahraga unggulan, bulutangkis dan pencak silat. Dua cabang tersebut bakal dipertandingan pada SEA Games 2019 yang digelar pada 20 November hingga 10 Desember tahun depan.

    Kepastian itu didapat dalam South East Asian Games Federation di Hotel Shangrilla Manila pada 15-16 Mei 2018. Pada pertemuan tersebut dibahas sejumlah perubahan SEA Games charter, terutama untuk hal-hal mengenai tata cara memasukkan cabang olahraga baru di SEA Games dan pembentukan komite tambahan untuk memperkuat SEA Games Federation di masa mendatang.

    Awalnya, Filipina mengajukan daftar cabang olahraga yang akan dipertandingan di SEA Games 2019. Namun, dalam daftar tersebut tak ada dua cabang olahraga unggulan dari Indonesia, bulutangkis dan pencak silat.

    Indonesia yang diwakili Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, kemudian mengajukan keberatan atas daftar cabang olahraga yang diusulkan Filipina. Protes Indonesia didukung mayoritas anggota Federasi SEA Games yang sependapat akan perlunya bulutangkis dan pencak silat dipertandingkan pada SEA Games edisi ke-30 itu.

    Keberatan tersebut akhirnya diterima Filipina dan menyetujui 30 cabang olahraga sementara yang akan dipertandingkan. Tuan rumah juga memberikan kesempatan hingga 13 Juni 2018 untuk para peserta perihal penambahan-penambahan cabang olahraga yang ingin dipertandingan di SEA Games 2019.

    Selain urusan cabang olahraga, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai kesiapan Filipina menggelar SEA Games 2019. Seperti diketahui, Filipina berencana membangun kota baru yakni Clark City sebagai kota utama dan didukung dua kota lain yaitu Metro Manila dan Subic Freeport.

    Nantinya, di Clark City dibangun Sport Center, Wisma Atlet, Kereta Cepat, Bandara Internasional, dan fasilitas lainnya untuk mendukung kesuksesan SEA Games 2019.

    2 dari 2 halaman

    Daftar Cabang Olahraga yang Diusulkan Filipina untuk SEA Games 2019

    1. Atletik

    2. Akuatik

    3. Panahan

    4. Bulu tangkis

    5. Bisbol/sofbol

    6. Bola Basket

    7. Billiar

    8. Boling (ten pin)

    9. Tinju

    10. Sepeda

    11. Berkuda/polo

    12. Anggar

    13. Sepak Bola

    14. Golf

    15. Senam

    16. Judo/jujitsu

    17. Karate

    18. Layar

    19. Sepak Takraw/Chinlone

    20. Menembak

    21. Squash

    22. Taekwondo

    23. Triathlon

    24. Bola Voli

    25. Angkat Besi

    26. Gulat/kurash

    27. Wushu

    28. Arnis

    29. Dancesport

    30. Muay

    Video Populer

    Foto Populer