Augie Fantinus Minta Pemerintah Dukung Timnas Basket Kursi Roda Indonesia

Oleh Tyo Harsono pada 25 Jun 2018, 22:00 WIB
Augie Fantinus

Bola.com, Jakarta - Eks manajer timnas basket putri Indonesia, Augie Fantinus Wiyana, meminta pemerintah mendukung penuh timnas basket kursi roda. Augie berharap timnas basket kursi roda Indonesia dapat berkelanjutan setelah Asian Paragames 2018.

Timnas basket kursi roda Indonesia baru dibentuk untuk Asian Paragames 2018 pada Desember 2017. Mereka baru melakukan pemusatan latihan sejak awal 2018.

Kondisi tersebut membuat timnas basket kursi roda Indonesia masih memiliki sejumlah kekurangan baik dari segi teknis maupun non-teknis. Termasuk di antaranya kesulitan menemukan tempat berlatih dan kursi roda yang layak.

Augie yang pernah menjadi manajer timnas basket putri meminta pemerintah lebih memberikan perhatian. Pria yang juga berprofesi sebagai selebritas itu berjanji akan membantu timnas basket kursi roda sebisa mungkin.

"Awalnya saya tidak tahu karena mereka latihan di Solo, saya ingin masyarakat tidak hanya mengenal Asian Games, tetapi juga Asian Paragames. Mereka juga butuh dukungan," tutur Augie ketika ditemui Bola.com di lapangan basket BSJ, Bintaro, Senin (25/6/2018).

"Saya akan membantu apa pun yang bisa dibantu. Mungkin, saya akan meminta tolong lewat jaringan yang saya miliki atau ke INAPGOC. Tadi mereka mengalami miskomunikasi sehingga terlambat dan para pemain kelaparan," lanjutnya

Augie berharap masyarakat Indonesia tidak memberikan tekanan kepada para pemain timnas basket kursi roda. Menurutnya, Indonesia masih kurang pengalaman dibandingkan negara-negara lain.

"Menurut saya, paling penting masyarakat tahu ini tim basket kursi roda pertama. Semoga warganet tidak langsung menilai dari skor karena negara lain sudah lama bermain basket kursi roda," ujar Augie.

"Saya berharap timnas basket kursi roda Indonesia tidak hanya untuk Asian Paragames 2018. Apalagi, ini passion Donald dan dia rela kembali ke Indonesia untuk mengumpulkan pemain. Kita bisa lihat semangat mereka pada pertandingan tadi," pungkas Augie.