Sukses


Asian Games 2018: Harga Tiket Ditentukan Lewat Riset Profesional

Jakarta Ketua Panitia Asian Games (Inasgoc), Erick Thohir, meminta masyarakat Indonesia tidak perlu ragu untuk mendukung tim Merah Putih. Pasalnya, pihaknya menjami bila harga tiket di ajang ini lebih murah bila dibandingkan dengan event internasional lainnya.

Harga tiket Asian Games 2018 sempat jadi polemik karena dinilai kemahalan. Untuk pembukaan misalnya, panitia mematok harga tiket termurah Rp 750 ribu dan tiket termahal Rp 5 juta.

Sementara harga tiket termurah pertandingan sebesar Rp 50 ribu. Jika dirata-rata, harga tiket pertandingan Rp 100 ribu. Harga ini akan naik untuk partai final. Harga tiket untuk final bulu tangkis tembus hingga Rp 800 ribu.

"Kita itu harganya sekitar sepertiga dari harga internasional. Harga tiket itu sudah berdasarkan penelitian oleh lembaga riset profesional, Kantas TNS, di mana harga tiket pertandingan itu dilihat dari daya beli, semuanya diriset," kata Erick Thohir.

Erick Thohir yang baru saja melaporkan perkembangan persiapan Asian Games 2018 kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta, menambahkan, berdasarkan data penelitian Kantar TNS, perusahaan riset pasar global, harga tiket kompetisi olahraga tingkat internasional di sejumlah negara berada di kisaran Rp 200 ribu hingga Rp 1,6 juta.

2 dari 3 halaman

Pembukaan Asian Games 2014

Begitu juga untuk harga tiket upacara pembukaan dan penutupan. Erick membandingkan harga tersebut dengan penyelenggaraan Asian Games 2014 di Korea Selatan, yakni paling murah Rp 1,8 juta dan paling mahal mencapai lebih dari Rp 8 juta.

Harga tiket untuk upacara pembukaan Asian Games di Jakarta berkisar mulai Rp 750 ribu hingga Rp 5 juta, sementara untuk upacara penutupan mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 2 juta.

3 dari 3 halaman

Harapan Inasgoc

Inasgoc juga berharap masyarakat Indonesia dapat meramaikan pesta olahraga internasional tingkat Asia tersebut, dengan membeli tiket upacara pembukaan dan penutupan, sekaligus tiket pertandingan.

"Jadi kita mengharapkan dukungan masyarakat. Kalau nonton Konser Celine Dion Rp 25 juta, kemarin We The Fest hampir Rp 1,6 juta sampai belasan juta, masa ini yang Indonesia menyelenggarakan tidak didukung," ujar Erick.

Sumber: Liputan6.com

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer