Takluk dari Unggulan Pertama, Greysia / Apriyani Gagal ke Final Jepang Terbuka

Oleh Yus Mei Sawitri pada 15 Sep 2018, 13:41 WIB
Diperbarui 15 Sep 2018, 13:41 WIB
Greysia Polii / Apriyani Rahayu, Jepang Terbuka 2018

Bola.com, Tokyo - Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, gagal ke final Jepang Terbuka 2018 setelah takluk 12-21, 18-21, dari pasangan Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Sabtu (15/9/2018). 

Bagi dua pasangan tersebut, ini merupakan pertemuan kelima di berbagai ajang. Pada empat pertemuan sebelumnya, kedudukan berimbang, dengan masing-masing pasangan mengemas dua kemenangan. 

Namun, pada dua bentrok terakhir, Greysia/Apriyani selalu kalah dari Fukushima/Hirota. Kekalahan terakhir Greysia/Apriyani dari ganda Jepang tersebut terjadi di Asian Games 2018. 

Tak heran, awal gim pertama berlangsung ketat, sering terjadi reli-reli panjang. Greysia/Apriyani sempat mendikte, hingga unggul 6-5. 

Namun, setelah itu Fukushima/Hirota berhasil mengambil momentum dan mulai mengambil alih kendali permainan. Ganda Jepang tersebut unggul 11-6 saat interval. Gim ini akhirnya dimenangi ganda Jepang dengan skor 21-12. 

Pada gim kedua, Greysia/ Apriyani berusaha mengambil inisiatif serangan, hingga unggul 2-0. Namun, Fukushima/Hirota yang kini menempati peringkat satu dunia tak membiarkan Greysia/Apriyani memegang kontrol permainan, hingga kejar mengejar skor berlangsung ketat.  

Greysia/Apriyani terus mempertahankan permainan agresif pada gim ini. Hasilnya, mereka unggul 11-9 saat interval. 

Namun, momentum positif tersebut gagal dipertahankan Greysia/Apriyani. Sempat mempertahankan keunggulan hingga 17-14, Fukushima/Hirota mampu menyamakan skor. Gim ini akhirnya dimenangi ganda Jepang itu dengan skor 21-18. 

Kekalahan Greysia Polii/Apriyani Rahayu membuat Indonesia tinggal berharap pada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon untuk mengirimkan wakil ke final Jepang Terbuka 2018.