Fajar / Rian Waspadai Ancaman Ganda China pada Babak Kedua

Oleh Yus Mei Sawitri pada 18 Sep 2018, 22:35 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Bola.com, Changzhou - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mengawali perjuangan di China Terbuka 2018 dengan meyakinkan setelah menaklukkan pasangan peringkat ketiga dunia asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, 20-22, 21-15, 21-15, Selasa (18/9/2018). Namun, Fajar/Rian wajib menjaga kewaspadaan karena sudah ditunggu lawan sulit pada babak kedua. 

Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil tuan rumah, He Jiting/Tan Qiang, Kamis (20/9/2018). Grafik penampilan pasangan China tersebut memang tengah meningkat. Mereka merupakan semifinalis Jepang Terbuka 2018 dan sering merepotkan pasangan ganda putra terbaik Indonesia saat ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

"Mereka (He/Tan) sedang on fire. Permainan mereka cukup bagus dari segi speed dan power, ini yang harus kami waspadai," tambah ujar Rian, seperti dilansir situs PBSI. 

Namun, kemenangan atas Kamura/Sonoda bisa jadi modal bagus bagi Fajar/Rian. Rekor pertemuan kedua pasangan kini imbang menjadi 3-3.

"Di gim pertama (kontra Kamura/Sonoda) kami masih menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan yang sangat berbeda dengan di Jepang. Dari shuttlecock sampai kondisi angin, semua jauh berbeda. Jadi di gim pertama kami masih menyesuaikan diri. Saat kedudukan game point 20-19, kami kurang siap dan kurang yakin karena kondisi lapangan tadi," beber Fajar. 

"Dari segi permainan, kami terus memaksakan main no lob. Kondisi lapangan seperti ini membuat kami tidak bisa main bertahan. Jadi kami usahakan selalu unggul di servis dan pembukaan. Kami memang cocok dengan pola permainan Kamura/Sonoda, kalau bertemu mereka, kami sudah tahu mau main seperti apa," tambah Rian, soal kemenangan di babak pertama China Terbuka 2018 tersebut.