Sukses


Mitologi Jepang Jadi Inspirasi Pemenang CBR250RR Virtual Modification Challenge 2018

Bola.com, Jakarta - Desain bertajuk Fury Dragon milik Muhaimin Firdaus terpilih sebagai yang terbaik dari 3901 desain dalam kompetisi modifikasi kreatif CBR250RR Virtual Modification Challenge 2018 yang diumumkan dalam Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Conventional Center (JCC), Kamis (1/11/2018).

Muhaimin Firdaus benar-benar beruntung. Hanya mengirim satu karya desain modifikasi CBR250RR, pria berusia 22 tahun itu terkejut saat tema modifikasi dan namanya disebut sebagai pemenang dan hasil desainnya diwujudkan dalam bentuk nyata di sebuah motor CBR250RR.

Desain dengan warna dasar putih dan gambar naga berwarna biru muda tampak elegan menempel di body CBR250RR. Firdaus, yang mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta atas prestasinya itu mengungkapkan ide kreatifnya mengangkat binatang mitologi untuk desain yang diciptakannya.

"Sebelum membuat desain, saya melihat CBR sebagai motor yang agresif. Kalau dianalogikan sebagai binatang, saya pun mencari yang punya karakter agresif. Honda berasal dari Jepang dan saya melakukan riset dengan melihat mitologi Jepang yang akhirnya membuat saya memilih binatang yang melambangkan Honda CBR yang tangguh dan kuat," ujar Firdaus.

Dalam pembuatan desain terbaik itu, Firdaus menghabiskan hampir dua pekan untuk bisa mewujudkannya. Mulai dari riset, hingga akhirnya proses sketsa dan digital dalam empat hari terakhir.

Tiga juri yang melakukan penilaian, Hidayat Priyo Wibowo, Dendimas, dan Alit Susanto, mengaku harus bekerja keras untuk bisa menentukan desain terbaik yang layak menjadi pemenang dalam kontes ini.

"Kami dari komite juri lebih dulu melakukan filter hingga mendapatkan 30 desain terbaik. Tujuannya agar bisa tetap fokus. Tidak mudah menentukan pemenang kontes karena harus menyingkirkan lebih dari 3000 desain lain, karena kami juga punya lima aspek penilaian, termasuk orisinalitas ide kreatifnya," ujar Hidayat Priyo Wibowo.

Sementara itu, Alit Susanto, juri yang juga merupakan influencer seni, menyebut satu hal yang membuat desain Firdaus bisa menang adalah karena mencoba untuk merealisasikan ke dalam wujud nyata di body CBR250RR.

"Kriteria pertama yang saya lihat adalah kreatif, tapi yang penting adalah komunikasi desain dengan bentuk motor tersebut. Perjalanan untuk sampai menentukan pemenang itu agak terjal. Saat didesain dan direalisasikan itu agak sulit. Setelah melakukannya, akhirnya kami menemukan desain yang cocok ketika direalisasikan," ujar Alit Susanto.

GM Marketing, Planning, and Analyst AHM Motor, Agustinus Indra Putra, berharap akan terus hadir modifikator-modifikator yang muncul lewat kegiatan kontes yang diinisasi oleh Honda itu.

"Kami berharap modifikator akan terus tampil memperlihatkan kreativitas. Honda akan berusaha memberikan wadah untuk berkreasi. Pesannya, Honda itu mudah untuk dimodifikasi," ujar Agustinus Indra Putra.

Daftar pemenang CBR250RR Virtual Modification Challenge 2018:

Juara: Muhaimin Firdaus (Fury Dragon)

Runner-up: Suryanto Redy Busono (Garuda Gold)

Peringkat 3: Hans Tedjakusuma (Techno White)

Modifikasi favorit: Eko Rendi Saputro (Racing Pearl)

Video Populer

Foto Populer