Desain Fury Dragon Membawa Firdaus Jadi Pemenang CBR250RR Virtual Modification Challenge 2018

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 02 Nov 2018, 08:36 WIB
Muhaimin Firdaus modifikasi kreatif CBR250RR Virtual Modification Challenge 2018.

Bola.com, Jakarta - Kerja keras Muhaimin Firdaus selama dua pekan terbayar lunas. Bagaimana tidak, desain bertajuk Fury Dragn miliknya berhasil menjadi yang terbaik pada ajang kompetisi modifikasi kreatif CBR250RR Virtual Modification Challenge 2018.

Kebahagiaan dan kebanggaan Firdaus tercipta setelah pengumuman yang dilakukan dalam Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, di Jakarta Covention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Karya miliknya menjadi yang terbaik dari 3901 desain.

Firdaus mengaku tak mudah memutuskan desain apa yang akan dibuatnya. Tak heran jika keputusannya menggunakan desain bertajuk Fury Dragon tersebut baru terealisasi menjadi bentuk nyata dalam rentang dua pekan. Hal itu termasuk mulai dari riset, hingga akhirnya proses sketsa dan digital dalam empat hari terakhir.

Firdaus bercerita bagaimana dia menentukan varian desain tersebut, yang menurutnya harus menggambarkan ciri khas motor CBR yang terkenal sebagai tunggangan agresif. Dia pun mencari sesuatu yang bisa melambangkan karakter tersebut.

"Dari beragam riset, akhirnya saya memunculkan karya yang melambangkan Honda CBR sebagai 'sosok' yang tangguh dan kuat," sebut Firdaus. Pria berusia 22 tahun ini menganggap hasil kerja keras riset dan merealisasikan imajinasinya menjadi karya desain, terbayar tuntas saat mengetahui menjadi sang pemenang.

Maklum, Firdaus hanya mengirim satu karya desain modifikasi CBR250RR. Ia terkejut saat tema modifikasi dan namanya disebut sebagai pemenang, apalagi hasil desainnya diwujudkan dalam bentuk nyata di sebuah motor CBR250RR.

Desain dengan warna dasar putih dan gambar naga berwarna biru muda tampak elegan menempel di body CBR250RR. Firdaus, yang mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta atas prestasinya itu, mengungkapkan ide kreatif yang berasal dari sebuah tradisi di Jepang.

Desain Naga Jadi Pemenang Honda CBR 250 RR Virtual Modification. (Liputan6.com/Luthfie Febrianto)

Bagi Firdaus, prestasinya tersebut menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, ia harus bersaing dengan ribuan desain, plus proses penjurian yang sangat ketat. Tiga juri yang melakukan penilaian, yakni Hidayat Priyo Wibowo, Dendimas, dan Alit Susanto, mengaku harus bekerja keras agar bisa menentukan desain terbaik yang layak menjadi pemenang dalam kontes ini.

"Kami dari komite juri lebih dulu melakukan filter hingga mendapatkan 30 desain terbaik. Tujuannya agar bisa tetap fokus. Tidak mudah menentukan pemenang kontes karena harus menyingkirkan lebih dari 3000 desain lain, karena kami juga punya lima aspek penilaian, termasuk orisinalitas ide kreatifnya," jelas Hidayat Priyo Wibowo.

Sementara itu, Alit Susanto, juri yang juga merupakan influencer seni, menyebut satu hal yang membuat desain Firdaus bisa menang adalah karena mencoba untuk merealisasikan ke dalam wujud nyata di bodi CBR250RR.

"Kriteria pertama yang saya lihat adalah kreatif, tapi yang penting adalah komunikasi desain dengan bentuk motor tersebut. Perjalanan untuk sampai menentukan pemenang itu agak terjal. Saat didesain dan direalisasikan itu agak sulit. Setelah melakukannya, akhirnya kami menemukan desain yang cocok ketika direalisasikan," ungkap Alit Susanto.

GM Marketing, Planning, and Analyst AHM Motor, Agustinus Indra Putra, berharap akan terus hadir modifikator-modifikator yang muncul lewat kegiatan kontes yang diinisasi Honda itu. "Honda akan berusaha memberikan wadah berkreasi. Pesannya, Honda itu mudah untuk dimodifikasi," tegas Agustinus Indra Putra.

Berikut ini daftar pemenang CBR250RR Virtual Modification Challenge 2018:

Juara: Muhaimin Firdaus (Fury Dragon)

Runner-up: Suryanto Redy Busono (Garuda Gold)

Peringkat 3: Hans Tedjakusuma (Techno White)

Modifikasi Favorit: Eko Rendi Saputro (Racing Pearl)