Sukses


Torehan Apik Novardianto Jamalidin di Tour de Singkarak

Bola.com, Sijunjung - Pembalap tim Pgn Road Cycling Team, Novardianto Jamalidin, meraih podium juara pada etape I Tour de Singkarak 2018, Minggu (4/11/2018). Tak hanya finis terdepan, Novardianto juga menorehkan prestasi membanggakan.

Novardianto bersama 106 pembalap lainnya mengawali lomba dari Lapangan Kantin Kota Bukittinggi. Mereka pun melewati jalanan di Kota Bukittinggi, Baso, Batusangkar, dan finis di depan Gedung Pertemuan Pancasila di Sijunjung.

Setelah berjibaku menghadapi jalur sprint dan tanjakan, hingga cuaca hujan serta terik matahari, Novardianto berhasil menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis.

Dia mengukir waktu 3 jam 25 menit dan 24 detik. Novardianto hanya unggul tipis 4 detik atas Mohamad Izzat Hilmi Abdul Halil dari Malaysia, dan 6 detik atas pembalap LX Cycling Team, Sanghong Park.

Hasil ini sekaligus membuat Novardianto menjadi pembalap Indonesia pertama yang mampu menjadi juara pada etape I Tour de Singkarak, setelah terakhir kali diukir Ferinanto dari Tim United Bike Kencana pada 2011.

Namun bedanya, jarak tempuh Novardianto lebih jauh dibandingkan Ferinanto. Novardianto harus menempuh jarak hingga 140,5 kilometer untuk meraih podium juara, sedangkan Ferinanto melewati 12,2 kilometer sebanyak lima laps (61 kilometer) di pusat Kota Padang untuk finis terdepan.

"Tadi ada hujan, dan sempat mengganggu pandangan. Tetapi, saya berupaya fokus untuk tetap melaju. Hingga akhirnya saya berhasil mencapai finis," kata Novardianto.

Keberhasilan menjuarai etape I membuat Novardianto Jamalidin mengoleksi 15 poin dan berhak menyandang yellow jersey Tour de Singkarak 2018. Selain itu, dia juga meraih green jersey (juara sprint) dan red white jersey (pembalap terbaik Indonesia).

Video Populer

Foto Populer