Sukses


Tour de Singkarak 2018: Pembalap Australia Sukses Pertahankan Yellow Jersey

Bola.com, Agam - Pembalap asal Australia, Jesse Ewart, hanya finis di peringkat ke-23 pada etape IV Tour de Singkarak 2018, Rabu (7/11/2018). Meski gagal meraih podium juara, Jesse masih mempertahankan yellow jersey.

Balapan etape IV menempuh jarak 144 kilometer dengan rute Pantai Cimpago, Kota Padang, dan finis di Ambun Pagi, kabupaten Agam. Sebanyak 92 pembalap harus berjuang melewati tiga jalur sprint dan satu tanjakan (King of Mountain) untuk bisa menyudahi lomba.

Meski hanya ada satu jalur tanjakan, kondisi tersebut membuat pembalap kelelahan. Sebab, mereka harus melalui Kelok 44 yang memiliki tikungan tajam sebanyak 44 kali dengan jarak 1.140 meter. 

Setelah penuh perjuangan, pembalap dari Thailand Continental Cycling Team, Thanakhan Chaiyasombat, berhasil meraih podium juara. Pria asal Laos itu mencatatkan waktu 3 jam 52 menit 6 detik.

Thanakhan unggul atas pembalap tim Bike Aid, Adne van Engelen, yang finis di peringkat kedua, serta atas Park Sang-hong dari tim LX Cycling Team yang meraih podium ketiga.

Sementara Jesse Ewart harus puas berada di urutan ke-23. Pembalap asal Australia itu terpaut hingga 1 menit 29 detik dari Thanakhan.

Kendati hanya berada di urutan ke-23, Jesse masih memimpin klasemen sementara pembalap dan berhak atas yellow jersey. Hingga etape IV Tour de Singkarak, dia menorehkan total waktu 15 jam 51 menit 32 detik, unggul 2 detik atas Ariya Phounsavath di urutan kedua.

"Menurut saya, bisa mempertahankan yellow jersey karena saya memiliki selisih jarak yang cukup jauh kemarin (pada etape III)," ujar Jesse.

"Saya hanya beruntung untuk bisa mempertahankan yellow jersey, hari ini saya finis di peringkat ke-23 dan itu bukan posisi terbaik. Namun, saya bisa mengatur tempo balapan dengan sangat baik," lanjutnya.

Pada etape V Tour de Singkarak 2018, Kamis (8/11/2018), pembalap akan menempuh rute sejauh 170,5 kilometer. Di awali dari kantor Bupati Lima Puluh Kota dan finis di Kantor Bupati Pasaman.

Tercatat hanya ada 91 pembalap yang akan ikut serta pada etape V Tour de Singkarak 2018. Sebab, Kenny Nijssen dari tim Team ProCyclingStats.com gagal finis karena over time limit.

Video Populer

Foto Populer