Sukses


6 Wakil Indonesia Lolos ke BWF World Tour Final 2018

Bola.com, Jakarta - Indonesia meloloskan enam wakil ke turnamen BWF World Tour Finals 2018, yang akan digelar di Guangzhou, China, pada 12-16 Desember. 

Turnamen ini merupakan puncak dari rangkaian 25 BWF World Tour yang berlangsung sepanjang 2018. Para pemain mengumpulkan poin di turnamen-turnamen mulai BWF World Tour Super 100, 300, 500, 750 hingga super 1.000.

Berdasarkan rilis peringkat terbaru Race to Guangzhou yang dirilis Badminton World Federation (BWF) pada Jumat (23/11/2018), keenam pemain Indonesia yang lolos adalah Tommy Sugiarto, Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Sayangnya tak ada wakil Indonesia dari sektor tunggal putri pada tahun ini. 

Turnamen ini menerapkan sistem invitasi kepada para pesertanya. Hanya mereka yang ada di peringkat delapan besar rangking Race to Guangzhou yang berhak mendapatkan tiket ke turnamen ini.

Penghitungan poin untuk BWF World Tour Finals dilakukan sejak awal 2018, mulai dari turnamen Thailand Masters pada Januari hingga turnamen Syed Modi International Badminton Championships 2018 yang tengah berlangsung.

 

2 dari 2 halaman

Kegembiraan Ahsan / Hendra

Awalnya, turnamen Korea Masters 2018 yang berlangsung setelah Syed Modi International Badminton Championships 2018, juga masuk hitungan. Namun, BWF mengumumkan kejuaraan yang akan digelar di Gwangju tersebut tidak akan masuk hitungan poin.

"Korea Masters memang tidak masuk hitungan poin menuju World Tour Final, karena menurut BWF, waktunya terlalu mepet untuk penghitungan poin dan persiapan turnamen. Jadi, turnamen Syed Modi International Badminton Championships 2018 merupakan tempat pengumpulan poin terakhir," ujar Bambang Roedyanto, Kasubid Hubungan International PP PBSI, dalam rilis yang diterima Bola.com. 

BWF World Tour Finals menawarkan jumlah poin cukup tinggi untuk para pemenang yaitu 12.000. Hadiah uang yang ditawarkan juga cukup menggiurkan sebesar 1,5 juta dollar AS atau setara Rp 21,77 miliar. 

"Tentunya kami senang akhirnya bisa lolos ke World Tour Final. Apalagi ditentukan di akhir-akhir, saingannya pun banyak, semua pemain-pemain bagus, termasuk dari Indonesia juga. Semoga kami bisa mendapat hasil yang terbaik di BWF World Tour Final," kata Ahsan. 

Video Populer

Foto Populer