Sukses


Bos Toro Rosso Puji Performa Sean Gelael pada Tes F1 Abu Dhabi

Bola.com, Abu Dhabi - Pebalap Indonesia, Sean Gelael, menjalani program pengembangan ban Pirelli selama 150 lap bersama tim Scuderia Toro Rosso, pada hari pertama tes F1 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, UEA, Selasa (27/11/2018). Pebalap berusia 22 tahun tersebut mengaku puas dengan hasil tes tersebut. 

Tes tersebut dimulai pukul 09.00 waktu setempat. Sean langsung melakukan simulasi kualifikasi dengan ban hypersoft dan ultrasoft. Pada sesi pagi ini, Sean mencatat waktu terbaik, 1:40.435, di lap 24 dengan ban hypersoft.

Bila membandingkan waktu dan ban serupa dengan kedua pebalap Toro Rosso selama GP Abu Dhabi, yakni sekitar siang pukul 12.00 WIB - 13.00 WIB, catatan Sean tergolong kompetitif. Pierre Gasly dan Brendon Hartley masing-masing mencatat 1:40.671 dan 1:41.137 pada sesi latihan bebas pertama pada Jumat (23/11/2018).

Pada sesi siang hingga sore Sean tidak memperbaiki waktunya karena melakukan simulasi lomba dengan bahan bakar penuh di setiap run. Tes sempat dihentikan beberapa saat akibat beberapa pebalap membuat kesalahan, termasuk Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen.

Team Principal Toro Rosso, Franz Tost, mengaku sangat puas dengan apa yang dilakukan Sean. "Cara mengemudi Sean sudah jauh lebih baik ketimbang beberapa tes sebelumnya bersama kami. Data menunjukkan Sean melakukan perbaikan di sisi pengereman. Kami tidak melulu mempertimbangkan catatan waktu karena tes ini lebih fokus pada pengembangan ban," ujar Tost, dalam rilis yang diterima Bola.com

Selama tes tersebut Tost terlihat memonitor langsung Sean dari pinggir trek. Sementara itu, Sean juga mengaku puas dengan tes ini. "Capek memang, tapi mengasyikkan banget. Sekali lagi Toro Rosso memberikan saya kepercayaan untuk tes ini dan merasakan input yang bermanfaat dari saya bagi persiapan mereka di musim 2019," kata Sean.

Jumlah lap yang dilakukan Sean Gelael itu merupakan rekor baru sebuah tes yang pernah dijalani Toro Rosso. Tes ini penting karena Toro Rosso tidak mengganti pemasok mesin (Honda) walau menggunakan dua pebalap baru, Daniil Kvyat (Rusia) dan Alexander Albon (Thailand).

Video Populer

Foto Populer