Tantangan Besar Joni Sugiyatno Pimpin Aneka Gas di Proliga 2019

Oleh Aditya Wany pada 30 Nov 2018, 17:10 WIB

Diperbarui 02 Des 2018, 08:16 WIB

Pelatih Surabaya Aneka Gas, Joni Sugiyatno.

Bola.com, Sidoarjo - Tantangan besar dihadapi Sidoarjo Aneka Gas Industri pada debutnya pada Proliga 2019. Selain bermaterikan pemain muda, Sidoarjo Aneka Gas juga dipimpin pelatih baru, Joni Sugiyatno. 

Mayoritas pemain mereka di bawah 20 tahun. Joni Sugiyatno juga baru akan melakoni debut sebagai pelatih klub profesional.

Joni selama ini dikenal sebagai asisten pelatih Surabaya Bhayangkara Samator, menemani pelatih kepala Ibarsyah Djanur Tjahjono. Semasa bermain, dia merupakan quicker andalan timnas voli putra Indonesia. Joni membeberkan beberapa tantangan yang harus dilewatinya.

“Pertama, saya merasa senang bisa menularkan bakat yang pernah dimiliki dulu. Kedua, bisa mengekspresikan kemampuan seperti bisa diterapkan. Selanjutnya, pengembangan pemain muda ini suatu tantangan besar buat saya,” ungkap Joni kepada Bola.com, Jumat (30/11/2018). 

Pria asal Cilacap itu dituntut mengatasi permasalahan mental bermain para pemainnya. “Pemain kami masih muda, sekitar 80 persen di bawah usia 20 tahun. Masalahnya soal mental saja. Pemain muda bukan emosinya yang meledak-ledak, tapi soal mental bertanding karena belum berpengalaman turun di kejuaraan besar,” imbuhnya.

Joni sudah berpengalaman sebagai pemain profesional. Bahkan level internasional juga sudah dicicipinya bersama timnas voli putra Indonesia. Dia juga mempersembahkan tiga emas SEA Games bersama timnas.

Joni juga punya catatan pengalaman sebagai asisten pelatih timnas voli putra Indonesia pada SEA Games 2015, SEA Games 2017, dan Asian Games 2018. Namun, dia merasa semua itu belum cukup sebagai modalnya menangani Aneka Gas.

“Saya selama ini hanya menjadi asisten pelatih, belum pernah jadi pelatih kepala di Proliga. Jadi, saya sebagai pelatih ingin belajar dan seterusnya seperti itu. Demikian juga dengan para pemain. Saya ingin semua orang di Sidoarjo Aneka Gas Industri sama-sama belajar,” ucapnya.