IBL: Mainkan Strategi Defensif, Stapac Bungkam Satya Wacana

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 16 Des 2018, 18:05 WIB
StapacJakarta, Satya Wacana Salatiga, IBL 2018-2019

Bola.com, Denpasar - Stapac Jakarta berhasil meraih kemenangan 86-59 atas Satya Wacana Salatiga dalam laga hari terakhir seri ketiga Indonesian Basket League (IBL) 2018-2019 yang digelar di GOR Merpati, Denpasar, Bali, Minggu (16/12/2018). 

Satya Wacana sempat unggul lebih dulu atas Stapac di kuarter pertama. Tim asal Salatiga, Jawa Tengah itu mampu meraih keunggulan 22-14. Namun, Stapac mampu bangkit di tiga kuarter berikutnya hingga memastikan kemenangan setelah lebih dulu membatasi pergerakan pemain andalan Satya Wacana, Madarious Gibbs.

Kemenangan ini pun disyukuri oleh pelatih Stapac, Giedrius Zibenas. Menurut sang pelatih, kemenangan ini tak lepas dari kualitas para pemain yang mampu memperlihatkan karakter permainan yang sesungguhnya.

"Anak-anak menunjukkan karakter permainan dan memulai pertandingan dengan bertahan. Mereka mampu memperlihatkan permainan tim. Kuarter kedua dan berikutnya pertahanan kami sangat bagus dan mampu membatasi angka mereka," ujar Giedrius Zibenas.

Sementara itu, kekalahan yang harus dialami oleh Satya Wacana diakui oleh sang pelatih, Efri Meldy, karena Raymond Miller Jr. harus diistirahatkan di kuarter kedua. Efri mengakui situasi tersebut benar-benar memengaruhi permainan.

"Awalnya kami yakin menang. Namun, setelah Miller terkena tiga fouled di kuarter kedua dan terpaksa diistirahatkan, situasi berubah. Stapac mampu menguasai paint area," ujar Efri Meldy.

Dalam pertandingan ini Stapac mendapatkan poin berkat Savon Goodman yang mencetak 25 angka, Abraham Damar Grahita yang mencatat 17 poin, Kaleb Gemilang dengan 15 poin, Widyantaputra Teja yang mendapatkan 10 poin, serta Mei Joni yang mencetak sembilan angka.

Sementara di kubu Satya Wacana, Madarious Gibbs masih menjadi penyumbang angka terbanyak dengan 21 poin. Sementara Raymond Miller Jr. menyumbangkan 18 poin untuk bisa memberikan perlawanan kepada Stapac Jakarta.