Sukses


Demi Tiket Olimpiade, Kevin / Marcus Bakal Selektif Pilih Turnamen pada 2019

Bola.com, Jakarta - Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, bakal selektif memilih turnamen pada 2019. Langkah itu dilakukan sesuai dengan instruksi Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

Tahun ini sangat krusial bagi semua pebulutangkis elite karena akan dimulainya perburuan tiket Olimpiade Tokyo 2020.

Penampilan Kevin/Marcus dalam beberapa tahun belakangan memang luar biasa. Pada 2017, Kevin/Marcus meraih tujuh gelar super series. Setahun berselang atau pada 2018, Kevin/Marcus masih mendominasi sektor ganda putra dengan raihan delapan gelar world tour, ditambah satu medali emas Asian Games 2018.

"Pemain sekaliber Kevin/Marcus memang harus selektif memilih turnamen, kami harus bisa jaga kondisi mereka, karena mereka pasti diincar lawan semua. Diharapkan kalau berangkat (ke turnamen) dalam kondisi terbaik," kata Susy melalui rilis PBSI kepada Bola.com, Senin (4/2/2019).

"Kami berharap prestasi Kevin/Marcus puncaknya di olimpiade. Tapi kalau diumbar, ada masanya yang akan kena itu non-teknisnya, pasti akan memengaruhi, mending diatur saja. Salah satu faktor mereka bisa selektif memilih turnamen karena memang sudah aman rankingnya. Tapi yang dilihat bukan cuma jaga di ranking, juga kondisi, motivasi dan kalau terlalu over, ada jenuhnya," imbuh Susy.

Menurut Susy, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lebih baik ekstra fokus ke turnamen-turnamen besar di tahun ini seperti All England, Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, BWF Tour Finals dan sebagainya.

2 dari 2 halaman

Andalan Indonesia di Olimpiade

Susy mengatakan kebijakan itu bertujuan agar Minions bisa menjaga kondisi baik secara fisik maupun mental. Harapannya mereka terhindar dari kejenuhan, demi meraih puncak performa di Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya setuju sekali kalau mereka harus fokus ke major events dulu tahun ini. Kevin/Marcus jangan dituntut terlalu berlebihan, mereka kan andalan kita di tahun depan (olimpiade). Yang penting posisi ranking nya tetap aman, kalau bisa bertengger di ranking satu, kalau bisa di tiga besar aman," ujar Susy.

Turnamen All England 2019 menjadi target terdekat bagi Kevin/Marcus. Turnamen ini akan dilangsungkan di Birmingham, Inggris, pada 6-10 Maret 2019. Kevin/Marcus berpeluang mencetak hat-trick jika tahun ini kembali naik podium juara. 

Video Populer

Foto Populer