Srikandi Cup: Tanago Libas Sahabat

Oleh Thomas pada 14 Feb 2019, 07:20 WIB
Christine Tjundawan

Jakarta Tanago Friesian Jakarta melanjutkan tren positif di Srikandi Cup 2018-2019. Tanago membungkam Sahabat Semarang dengan skor 54-50 pada Seri 2 yang berlangsung di GOR Grogol, Jakarta Barat, Rabu (13/2/2019).  

Dengan hasil ini menjadikan rekor tuan rumah meraih lima kemenangan dan satu kali kekalahan di Srikandi Cup 2018-2019, sementara lawannya Sahabat Semarang mengoleksi tiga kali kemenangan dan tiga kali kekalahan. 

Pemain timnas Indonesia Christine Tjundawan menjadi bintang kemenangan Tanago dengan mengemas 16 poin, sembilan rebound dan enam assist untuk membawa timnya meraih kemenangan yang ke lima. Dari kubu Sahabat Semarang, Dyah Lestari juga mencetak 16 angka sama seperti rivalnya Christine.

Di awal tuan rumah sempat terkejut dengan perlawanan Sahabat Semarang yang bermain lebih rapi serta lansung mengambil inisatif permainan. Bahkan tim tamu sempat unggul 18-8, memasuki sisa waktu 1 menit 31 detik.

Tertinggal cukup jauh, akhirnya membuat Abrizalt Hasiholan pelatih Tanago Friesian Jakarta segera menginstruksikan para pemainnya untuk melakukan full court press saat bertahan dan fast break dikala menyerang. Usaha ini terbukti ampuh, beberapa kali pemain Sahabat melakukan kesalahan dan  terbawa ritme permainan tuan rumah. Tanago pun akhirnya bisa memangkas kekalahan mereka di akhir kuarter pertama hanya menjadi empat angka saja (14-18). 

Kuarter kedua baru berjalan 7 menit 55 detik, Xaverius Wiwid pelatih Sahabat Semarang, segera mengambil time out, setelah pemain Tanago Leonita berhasil mengeksekusi tembakan tiga angka dengan sempurna, skor pun menjadi 21-17 masih untuk kemenangan Sahabat. Setelah itu, Sahabat dapat menambah perolehan angka kembali lewat Yuni Anggraeni, tapi Tanago akhirnya mulai mendapatkan momentum lagi dan menyamakan kedudukan 23-23.

Menutup akhir kuarter kedua, Dyah Lestari, pemain Sahabat Semarang yang juga merupakan pemain timnas putri Indonesia, membuat tepuk tangan para penonton yang hadir langsung di GOR Grogol bergemuruh. Ia berhasil memasukan tembakan tiga angka dari jarak  dua meter dari tengah lapangan, bersamaan waktu kuarter kedua usai, membuat tim asal Jawa Tengah itupun unggul sementara di babak pertama 30-25.

Terus mempraktekan pertahanan ketat mulai dari wilayah lawan, membuat tuan rumah baru bisa unggul 33-32 pertama kalinya pada pertengahan kuarter ketiga bahkan mereka pun menutup kuarter ini dengan kedudukan 43-37.

Menyisakan 10 menit kuarter akhir, pertandingan tetap berlangsung ketat, Dyah Lestari berhasil mencuri bola dan meneruskannya dengan angka sekaligus memperkecil kedudukan menjadi 47-46. Tuan rumah pun akhirnya baru bisa bernafas legas setelah Stella Fabiola dan Tiara Aulia Denaya berhasil membuat tiga poin beruntun, dua poin dari tembakan Stella dan satu free throw Tiara yang memastikan Tanago meraih kemenangan yang ke lima hingga seri ini berlangsung.

2 of 2

Komentar

“Sebenarnya kami bermain tidak jelek, tapi mungkin para pemain muda kami yang kurang tenang. Tapi secara overall penampilan mereka hari ini lebih baik dibandingkan kemarin. Kalau saya boleh nilai  penampilan mereka hari ini 7 kalau kemarin 4 karena jelek sekali, “ kata Xaverius Wiwid, pelatih Sahabat Semarang.

“Kami sempat lengah di awal karena kurang fokus dan saya kira lawan juga bermain nothing to lose. Mungkin pemain saya banyak tertuju ke Yuni, ternyata pemain Sahabat Semarang lainnya juga berperan mencetak angka. Padahal di awal saya sudah bilang untuk fokus di setiap pertandingan," komentar pelatih Tanago Friesian Jakarta yang akrab di panggil Jali tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓