Sukses


IOC Restui Pencalonan Bersama Korea Selatan dan Utara Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Bola.com, Jakarta - Indonesia tak sendirian dalam pencalonan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Setidaknya ada dua negara lain yang juga berminat menggelar pesta olahraga terbesar di dunia itu, yakni India dan Korea Selatan-Korea Utara.

Secara khusus, Presiden IOC, Thomas Bach, menyambut baik keinginan Korea Selatan-Korea Utara mencalonkan diri jadi tuan rumah. Hal ini memang terasa istimewa, dua negara yang dalam beberapa dekade terakhir bak jadi rival, memutuskan untuk bekerja sama.

Bach menyampaikan itu setelah menerima perwakilan dari Korea Selatan pada pekan lalu. Maksud kedatangan mereka, untuk melaporkan Korea Selatan-Korea Utara akan tampil dalam satu tim, dalam empat cabang olahraga di Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, di sela kunjungan itu, perwakilan Korea Selatan juga "meminta restu" keinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bersama Korea Utara.

"IOC menyambut hangat inisiatif ini karena itu merefleksikan misi dari Olimpiade serta mendemonstrasikan kekuatan persatuan olahraga," kata Bach.

"Misi IOC adalah untuk membangun "jembatan", jadi kami sangat menghargai misi ini. Meski prosedur pencalonan belum dibelum dibuka, kami telah menawarkan saran kami bagi "dua Korea" untuk menyiapkan semua langkah yang diperlukan sebelum akhirnya menjalani pencalonan dengan benar secara teknis," lanjut Bach.

Rencana pencalonan Korea Selatan dan Korea Utara untuk sama-sama menggelar Olimpiade dianggap Bach sangat impresif. Ia juga menyebut rencana ini sebagai "inisiatif bersejarah".

Pasalnya, selama ini belum pernah ada Olimpiade yang digelar di dua negara atau lebih, baik Olimpiade musim panas maupun musim dingin. Ditambah lagi, mengacu pada hubungan Korea Selatan dan Korea Utara yang kerap memanas.

Sejauh ini baru pihak Korea Selatan yang sudah mengajukan Seoul untuk jadi host Olimpiade 2032, sedangkan Korea Utara belum menjatuhkan kota pilihan, kendati Pyongyang dianggap jadi pilihan paling realistis.

Sumber: Yonhap

Video Populer

Foto Populer