Atlet Terkaya Ketiga Ini Punya Bisnis Melimpah, Apa Itu?

Oleh Reza pada 01 Mar 2019, 15:23 WIB
Selebrasi Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Perkembangan perusahaan digital di Indonesia melahirkan beberapa startup berlevel unicorn. Bahkan, empat dari sembilan unicorn Asia Tenggara yang mendominasi total pendanaan sejak 2015 berasal dari Indonesia.

Perlu diketahui, unicorn adalah sebuah istilah untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuah perusahaan startup. Sebuah startup dapat diberi gelar Unicorn jika memiliki valuasi senilai 1 miliar dolar atau sekitar Rp 13,1 triliun atau lebih.

Dengan nilai besar itu ternyata ada beberapa atlet yang bisa mempunyai startup sekelas unicorn.

Salah satu atlet terkaya ketiga dunia versi Forbes adalah Cristiano Ronaldo. Ia dinilai bisa mempunyai startup dengan level tersebut. Dengan nilai transfer besar dari Real Madrid serta rentetan bisnisnya, CR7 bisa mempunyai startup sekelas unicorn. Tak percaya? Berikut bisnis yang dipunyai CR7.

Dilansir liputan6.com, Ronaldo yang memuncaki daftar terkaya tahun lalu turun dua peringkat setelah hanya mendapatkan 108 juta dolar (Rp 1,49 triliun). Peringkat dua diisi oleh Lionel Messi, naik satu posisi dari edisi sebelumnya. Dalam 12 bulan terakhir, Messi memperoleh 111 juta dolar (Rp 1,54 triliun).

Dari nilai gaji yang dihasilkan oleh Cristiano Ronaldo, pemain asal Portugal itu sudah mengembangkan bisnis dengan menanamkan investasi di bisnis hotel.

Ia menanamkan investasi lebih dari US$ 40 juta atau sekitar Rp 554,80 miliar untuk empat hotel butik yang dikembangkan oleh grup Hotel Pestana, salah satu perusahaan pariwisata dan rekreasi terbesar di Portugal.

Di bawah nama merek Ronaldo CR7, hotel itu dekat dengan kehidupan Ronaldo di kampung halamannya Funchal, Lisbon. Ronaldo akan menjadi pemegang saham dari jaringan hotel internasional Pestana. Ini menandai investasi Ronaldo pertama di luar fashion dan olah raga.

Selain itu, pemain tersebut mempunyai bisnis parfum pada 2015. Ada pula bisnis celana dalam pria, sepatu, dan butik. 

Selain itu, CR7 juga mempunyai properti yang bisa dibilang investasi yang cukup besar. salah satu contohnya ialah rumah miliknya yang berada di Inggris. Terbaru, rumah tersebut bakal dijual dengan harga Rp. 60 miliar.

Selain rumah di Inggris, Ronaldo juga mempunyai rumah di Madrid, Spanyol. Rumah tersebut bernilai 48 juta pound atau sekitar Rp 873 miliar.

Menurut Total Sportek, kekayaan Ronaldo diprediksi mencapai USD 480 juta atau setara dengan Rp 6,3 triliun. Ronaldo memiliki pemasukan dari iklan, bisnis dengan merek dagang CR7 yang menjual produk pakaian dan sepatu.

Tak hanya itu, Ronaldo juga membeli berbagai mobil mewah seperti Ferrari, Lamborghini, sampai Bugatti. Ronaldo juga memiliki pesawat jet pribadi. 

Dengan kekayaan yang dipunyai CR7, tak heran atlet sepak bola itu menjadi atlet terkaya ketiga dan mampu mempunyai atau investasi sebuah startup sekelas unicorn.

Namun, untuk naik kasta Decacorn, CR7 belum mampu. Pasalnya, istilah Decacorn adalah sebutan untuk startup yang memiliki valuasi lebih dari USD 10 miliar. Valuasinya 10 kali lipat lebih besar dibandingkan unicorn, namun 10 kali lipat di bawah hectocorn.

Bicara Decacorn, untuk wilayah Asia Tenggara baru satu perusahaan startup yang mampu menyentuh level tersebut. Adalah Grab, jasa transportasi online itu meraih status Decacorn.

Perusahaan teknologi yang beroperasi di 336 kota di Asia Tenggara itu, memiliki valuasi mencapai USD 11 miliar. Grab sendiri menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, serta hiburan digital.

Dengan filosofi terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

 

(*)