Sukses


Crismonita Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia 2019 Polandia

Bola.com, Jakarta - Pembalap sepeda Crismonita Dwi Putri bakal mewakili Indonesia di UCI World Track Championship 2019 Pruszkow, Polandia. Dia akan turun pada kelas 500 meter time trial putri, di BGZ Arena, Sabtu (2/3/2019).

Kepala Pelatih Timnas Sepeda Indonesia Dadang Haris Purnomo berharap penampilan Crismonita bisa menambah perolehan poin Olimpiade untuk Indonesia. Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI) menetapkan tiga cara perebutan tiket Olimpiade 2020 Tokyo, yaitu poin individu, number of event , dan negara.

"Di sini Crismonita bisa menambah jam terbang," kata Dadang, Jumat (1/3/19).

Dadang menyadari persaingan bakal ketat. Meski begitu, ia optimistis anak latihnya mampu memberi penampilan terbaik bagi Merah Putih.

"Harapan saya tidak muluk-muluk. Target pribadi saya Crismonita masuk top ten sudah luar biasa," terang Dadang.

Crismonita berhak lolos ke World Track Championship setelah meraih perunggu di 500 meter time trial elite putri Asian Track Championship 2019. Penampilannya kian menjanjikan setelah mampu bersaing di UCI Track Cycling World Cup Series di Hong Kong, 25-27 Januari 2019.

Saat itu, Crismonita mampu bersaing sampai perempat final 200 meter sprint putri setelah unggul atas pembalap elite, salah satunya juara dunia junior Lea Sophie Friedrick (Jerman) di perempat final.

"Lawan-lawannya sama seperti di World Cup Series Hong Kong. Berbicara world class, semua peserta yang tampil di sini tentu sudah kelas dunia. Jadi jelas Persaingannya lebih komplet. Tapi, ini juga waktu yang tepat menunjukkan konsistensi Crismonita di level dunia," kata Dadang.

Ranking Indonesia saat ini (03/01/19) di posisi 26 UCI dengan perolehan 862 poin. Selain Crismonita, Terry Yudha Kusuma juga lolos. Tapi, ia tak bisa tampil karena salah satu persyaratan belum terpenuhi, walau poinnya cukup.

"Ada persyaratan atlet harus tampil di minimal satu World Cup Series. Hanya saja, nomor Terry tidak diperlombakan saat di Hong Kong," Manajer Timnas Balap Sepeda Indonesia Budi Saputra.

Video Populer

Foto Populer