All England 2019: Tontowi Ahmad Ungkap Faktor Penentu Kalahkan Ganda Malaysia

Oleh Wiwig Prayugi pada 07 Mar 2019, 21:05 WIB
Diperbarui 07 Mar 2019, 21:05 WIB
Tontowi Ahmad/Winny Oktavia
Tontowi Ahmad/Winny Oktavia Kandau menyingkirkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, 21-15, 16-21, 23-21, pada 16 besar All England 2019 di Birmingham Arena, Kamis (7/3/2019) malam WIB. (PBSI)

Bola.com, Birmingham - Tontowi Ahmad membuat kejutan di All England 2019. Bersama pasangan barunya, Winny Oktavia Kandow, lolos ke perempat final.

Tontowi/Winny mengalahkan unggulan kelima asal Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dengan skor 21-15, 16-21, 23-21, Kamis (7/3/2019) malam WIB.

Seusai pertandingan, Tontowi mengungkap kunci keberhasilan mereka memenangi laga. Ternyata, Tontowi terus membimbing Winny, terutama saat poin-poin kritis.

Pada partai itu, Tontowi/Winny lebih banyak melakukan penempatan bola sulit untuk diantisipasi.

"Tadi saya hanya bilang, kalau poin kritis, apalagi di kejuaraan penting, mati boleh tapi kita harus dalam keadaan siap. Kalau tadi matinya nggak siap. Jadi Winny kalau di poin kritis tadi harus siap," ujar Tontowi setelah pertandingan.

Namun, Tontowi mengaku sempat terpancing dengan permainan Chan/Goh. "Pada game ketiga kami diberi instruksi sama pelatih dan bisa kembali menjalankan strategi seperti di game pertama. Kami unggul di strategi, tapi nggak bisa dibocorkan ya apa strateginya," sebut Tontowi.

Sementara, Winny mengungkapkan kesannya menjadi pasangan Tontowi, yang sebelumnya berpasangan dengan Liliyana Natsir dan meraih banyak gelar.

" Berpasangan (sama Tontowi) awalnya beban, tapi saat bertanding sudah tidak, Bang Owi kalau memberi tahu santau, seperti kepada teman," ucap Winny.

Di All England 2019, Indonesia sudah meloloskan tiga wakil. Selain Tontowi/Winny, dua ganda putra juga lolos, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sumber: PBSI