Harta Pemilik Klub Sepak Bola Ini 7 Kali Startup Decacorn

Oleh stella maris pada 09 Mar 2019, 11:44 WIB
Amancio Ortega, Bos Zara (the telegraph)

Bola.com, Jakarta - Apa yang akan Anda lakukan jika punya uang banyak? Beli mobil sport? Beli rumah berunit-unit? Beli apartemen? Beli emas dan berlian?

Mungkin hal tersebut ada dalam pikiran kebanyakan orang jika memiliki uang tak berseri alias kaya raya. Namun pernahkah Anda bayangkan, apa yang dilakukan para orang kaya di luar sana dalam menggunakan uangnya?

Dari sekian banyak pilihan, salah satu yang terbilang bijaksana adalah melakukan investasi. Contohnya yang dilakukan oleh Amancio Ortega.

Ortega adalah pelaku bisnis dari beberapa jenis usaha. Dia memiliki ritel pakaian terbesar di Spanyol yang menjadi brand terkenal di dunia, Zara.

Ortega juga berinvestasi real estate di Madrid, Barcelona, London, Chicago, Miami, dan New York. Selain itu, ia juga pemilik saham klub sepak bola asal Spanyol, Deportivo La Coruna.

Deportivo La Coruna merupakan klub sepak bola yang didirikan pada 1906. Klub sepak bola ini pernah memenangkan satu gelar La Liga dan lima kali menempati posisi runner-up.

Namun diketahui, alasan Ortega membeli klub Deportivo La Coruna karena alasan yang sederhana. Alasannya karena dirinya tinggal di negara tersebut.

Untuk diketahui, Ortega adalah orang kaya nomor satu di Eropa dan keenam di dunia versi Forbes. Hartanya mencapai 68,4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 980 triliun.

Jumlah harta yang dimiliki pria berusia 82 tahun itu setara dengan tujuh kali valuasi startup sekelas decacorn. Sebenarnya, apa sih decacorn itu?

Nah, decacorn merupakan istilah yang digunakan untuk valuasi perusahaan rintisan atau startup lebih dari 10 miliar dollar AS atau sekitar Rp140 triliun. Jadi kalau ada yang mau menanamkan saham, minimal investor tersebut memiliki dana sekitar Rp 140 triliun untuk bisa bergabung dengan startup decacorn.

Bicara tentang startup decacorn, di Indonesia hanya ada satu yaitu Grab. Ya, Grab merupakan startup decacorn pertama di Asia Tenggara yang kini tersebar di delapan negara.

Grab sebagai Super App terkemuka di Asia Tenggara, menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

 

 

(Adv)