6 Stadion Megah di Asia Tenggara yang Menarik Jadi Destinasi Wisata Bareng Grab Decacorn

Oleh Gilar Ramdhani pada 12 Mar 2019, 17:30 WIB
Stadion Nasional Singapura

Bola.com, Jakarta Stadion-stadion sepakbola yang megah dan modern tak hanya ada di dataran Eropa dan Amerika. Asia Tenggara juga memiliki deretan stadion-stadion sepakbola berkapasitas besar lengkap dengan fasilitas modernnya.

Begitu mewahnya bangunan stadion di Asia Tenggara ini membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Agar kunjungan ke stadion tersebut tidak 'nyasar' atau tersesat paling nyaman tentu memakai transportasi online yakni Grab decacorn.

Lalu, apa saja stadion megah dan mewah di Asia Tenggara ini?

6. Stadion Rajamangala di Thailand

 

Stadion Rajamangala Bangkok
Suasana tampak dalam dari Stadion Rajamangala, Bangkok, Jumat (16/11). Stadion dengan kapasitas 49.722 kursi itu akan menggelar laga Piala AFF 2018 antara Thailand melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Liburan ke Thailand tak melulu kuliner, belanja dan ke pantai. Kamu juga bisa jalan-jalan dan mengambil gambar di kompleks olahraga terbesar di Thailand, salah satunya Stadion Rajamangala. Stadion yang berada di kompleks olahraga Hua Mak Sport Bangkok Thailand ini memiliki kapasitas 50.000 penonton. Stadion yang dibangun pada tahun 1998 ini adalah salah satu Stadion Termegah dan Terbesar di Asia Tenggara dan merupakan rumah bagi Tim Nasional sepak bola negara Thailand.

5. Stadion Utama Riau - Indonesia

Berada di Pekanbaru Riau, Anda juga bisa menjadikan Stadion Utama Riau sebagai salah satu destinasi. Stadion Utama Riau yang menjadi kebanggan masyarakat Riau inimemiliki konstruksi bangunan yang elegan dan modern. Penampakannya seperti bangunan di eropa. Stadion yang mulai dibangun pada bulan Oktober tahun 2009 dan dibuka pada tahun 2012 ini mempunyai kapasitas 44.000 penonton. 

4. Stadion Shah Alam - Malaysia

Selangor Malaysia memiliki destinasi wisata yang unik untuk dikunjungi, apalagi kalau lagi ada event olahraga dan sepakbola. Stadion Shah Alam merupakan salah satu stadion berkapasitas besar di Asia Tenggara, Terletak di Selangor Malaysia, stadion ini memiliki kapasitas 80 ribu penonton. Tak hanya menjadi kandang bagi Selangor FA, stadion ini juga menjadi langganan pertandingan timnas Malaysia. 

3. Stadion Bukit Jalil - Malaysia

 

PHOTO: Pesta Kembang Api Menghiasi Pembukaan Sea Games 2017 di Kuala Lumpur
Kembang api menghiasi di atas Stadion Nasional Bukit Jalil saat Upacara Pembukaan Sea Games Asia Tenggara ke-29 di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, (19/08/2017). (AP Photo / Daniel Chan)

Selain Shah Alam, Stadion Nasional Bukit Jalil yang terletak di dalam Kompleks Olahraga Nasional Bukit Jalil, sebelah selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur juga menarik untuk dikunjungi. Stadion ini adalah stadion multifungsi yang mampu menampung hingga 110.000 orang.

2. Stadion Gelora Bung Karno - Jakarta, Indonesia

Stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia sejak era Presiden Sukarno ini menjadi lebih keren dan megah setelah direnovasi dan diresmikan pada awal tahun 2018.

 

Wow, Pesta Kembang Api Menakjubkan Semarakkan Pembukaan Asian Games 2018
Pemandangan menakjubkan saat pesta kembang api dalam pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (Bola.com/Iqbal Ichsan)

Banyak yang menganggap stadion GBK ini sama dengan Allianz Arena, stadion milik klub elit Bayern Munchen. Tak hanya tampilannya yang super keren, fasilitas pendukung stadion juga sudah bertaraf internasional. Perombakan Stadion Gelora Bung Karno termasuk penggunaan rumput Zaysia Matrella atau yang dikenal rumput Manila, rumput yang sama dipakai Allianz Arena.

Penghilangan kursi-kursi panjang dan menjadi single seat membuat kapasitas penonton dari sekitar 80 ribu menjadi hanya 70 ribuan saja. Dengan begitu menonton pertandingan di Stadion Gelora Bung Karno kini menjadi jauh lebih nyaman.

1. Singapore National Stadium

Singapore National Stadium menjadi stadion termegah dan termewah di Asia Tenggara karena atap atau kubahnya yang besar bisa dibuka dan ditutup. Butuh waktu sekitar 25 menit bagi atas untuk membuka dan menutup.

Pembangunan stadion ini memiliki sejarah yang cukup panjang, sempat ditutup untuk pembangunan dan baru diresmikan kembali pada tahun 2014. Estimasi biaya pembangunan dan renovasinya sebesar USD 1,3 miliar atau senilai Rp 17,6 triliun. Dengan kapasitas penonton hanya 55 ribu kursi, Singapore National Stadium tak hanya menjadi venue untuk pertandingan sepak bola saja melainkan juga Rugby hingga kompetisi atletik pun dapat digelar.

 

Stadion Nasional Singapura
Suasana tampak dalam dari Stadion Nasional di Singapura, Kamis (8/11). Stadion ini akan menggelar laga Piala AFF 2018 antara Singapura melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Itulah enam stadion termegah di Asia Tenggara yang menarik untuk menjadi destinasi wisata. Apabila Anda penasaran ingin mengunjunginya saat berlibur ke sana, Anda bisa memanfaatkan transportasi online. Di keempat negara tersebut, sudah terdapat transportasi online yang siap mengantarkan Anda ke mana saja. Misalnya, GrabRide di Jakarta, GrabCar di Malaysia, GrabTaxi di Singapura, dan GrabTukTuk di Thailand.

Grab sebagai Super App terkemuka di Asia Tenggara, menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan bahwa hingga 2018, aplikasi Grab telah diunduh 130 juta konsumen, terdapat di 336 kota termasuk 222 kota di Indonesia, dan lebih dari 5.000 Grabbers. 

 

 

(Adv)