Kalah dari Ganda Denmark, Rinov / Pitha Gagal Beri Kejutan di Final Swiss Terbuka

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Mar 2019, 19:20 WIB
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Bola.com, Basel - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, terpaksa mengakui keunggulan pasangan Denmark, Mathias Bay-Smidt/Rikke Soby, pada final Swiss Terbuka 2019 di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Minggu (17/3/2019).

Memberikan perlawanan ketat, ganda campuran Indonesia itu kalah lewat rubber gim, 18-21, 21-12, 16-21.

Rinov/Pitha tampil baik pada awal gim pertama hingga unggul 9-5. Namun, pasangan Denmark mampu beradaptasi cepat dan membuat kedudukan menjadi 10-10. Setelah itu kejar mengejar poin terus terjadi. Poin demi poin yang diraih pasangan Indonesia juga dibarengi raihan angka Bay-Smidt/Soby.

Akhirnya, Rinov/Pitha harus melepaskan gim pertama setelah poin mereka tertahan di 18. Pasangan Indonesia itu kalah 18-21 di gim pertama.

Pasangan Indonesia yang merupakan juara BWF Junior Championship 2017 itu mengawali gim kedua dengan baik. Keduanya berhasil meraih tiga poin pertama dengan sangat baik. Namun, setelah itu pasangan Denmark kembali bangkit hingga mampu membuat kedudukan menjadi 3-3.

Kejar mengejar angka kembali terjadi. Rinov dan Pitha berusaha menjauh dengan keunggulan 7-4. Poin demi poin diraih Rinov dan Pitha untuk menjaga keunggulan hingga 11-8.

Permainan cepat yang diperlihatkan pasangan Indonesia mulai terlihat lebih baik di paruh terakhir gim kedua. Rinov dan Pitha sukses unggul 14-9 dan akhirnya sukses menutup gim kedua dengan kemenangan 21-12 untuk memaksa laga berlanjut ke rubber gim.

Namun, ganda campuran Indonesia itu mulai keteteran di awal gim ketiga. Hal tersebut dimanfaatkan Bay-Smidt/Soby untuk mendulang poin demi poin hingga unggul 5-0.

Sempat tertinggal 3-10, pasangan Indonesia berusaha bangkit dan meraih poin demi poin hingga paruh pertama gim ketiga berakhir dengan 11-9 untuk keunggulan pasangan Denmark.

Rinov dan Pitha terus berusaha mengejar perolehan poin pasangan Denmark. Namun, Bay-Smidt/Soby mampu mempertahankan keunggulan hingga menutup gim ketiga dengan skor akhir 21-16. Rinov dan Pitha terpaksa harus mengubur kesempatan untuk bisa menjadi juara di Swiss Terbuka 2019.