Hasil Undian Piala Sudirman 2019: Indonesia Ladeni Denmark dan Inggris

Oleh Yus Mei Sawitri pada 19 Mar 2019, 15:40 WIB
Diperbarui 19 Mar 2019, 15:40 WIB
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya / Marcus Gideon, merayakan kemenangan atas ganda Jerman. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya / Marcus Gideon, merayakan kemenangan atas ganda Jerman pada Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (23/1). Kevin / Marcus lolos ke 16 besar. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Nanning - Misi Indonesia memburu gelar Piala Sudirman 2019 akan dimulai di Grup 1B. Pada pengundian fase Grup 1 Piala Sudirman, di Nanning, China, Selasa (19/3/2019), Indonesia dipastikan akan berjibaku melawan Denmark dan Inggris di Grup 1B. 

Ini kali ketiga dalam tiga edisi beruntun Indonesia bergabung dengan Denmark di fase grup. Denmark bukan lawan yang mudah bagi Indonesia, begitu juga Inggris. Tim bulutangkis Indonesia harus berhati-hati jika ingin memastikan lolos ke perempat final. 

Grup 1 berisi 12 tim terbaik dengan poin tertinggi di seluruh dunia. Grup 1 kemudian dibagi lagi menjadi empat, yaitu 1A, 1B, 1C, dan 1D. Tiap grup akan mengirimkan dua tim terbaik ke babak delapan besar.

Sementara itu di Grup 1A, unggulan pertama Jepang akan berjibaku melawan Thailand dan Rusia. Grup 1C dihuni Chinese Taipei, dan Korea Selatan, dan Hong Kong. Adapun Grup 1D berisi China, India, dan Malaysia. 

Di atas kertas Indonesia sangat berpeluang melenggang ke perempat final. Namun, Indonesia tak boleh lengah. Kenangan pahit pada 2017 masih menghantui. Saat itu untuk kali pertama sepanjang partisipasi di Piala Sudirman, Indonesia gagal lolos dari fase grup.

 

2 dari 3 halaman

Unggulan Ketiga

Tim bulutangkis Jepang menempati unggulan pertama pada perhelatan Piala Sudirman 2019 yang akan digelar di Nanning, China, pada 19-26 Mei. Adapun Indonesia menjadi unggulan ketiga. 

Sebanyak 32 tim berpartisipasi pada ajang ini, yang terbagi menjadi empat grup. Status unggulan ditetapkan berdasar ranking kumulatif para pemain yang memiliki poin tertinggi di lima kategori, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, ganda putra, dan ganda campuran. 

Grup 1 berisi 12 tim terbaik dengan poin tertinggi di seluruh dunia. Jepang menjadi unggulan pertama karena mengantongi 450.447 poin. Itu menggambarkan kekuatan Jepang di semua nomor. 

Pemegang 10 gelar Piala Sudirman, China, menjadi unggulan kedua dengan raihan 442,562 poin. Indonesia (juara Piala Sudirman 1989) membuntuti di belakangnya dengan koleksi 353.008 poin. Korea Selatan berstatus unggulan kelima dengan mengantongi 301.475 poin. 

Hanya 12 tim di Grup 1 yang bisa bersaing memperebutkan titel. Adapun Grup 2, 3, dan 4 bersaing untuk menentukan posisi secara keseluruhan. 

3 dari 3 halaman

Hasil Undian Piala Sudirman 2019

Grup 1 

Grup 1A: Jepang, Thailand, Rusia 

Grup 1B: Indonesia, Denmark, Inggris 

Grup 1C: Chinese Taipei, Korea Selatan, Hong Kong 

Grup 1D: China, India, Malaysia  

 

Grup 2 

Grup 2A: Belanda, Prancis, Amerika Serikat, Vietnam

Grup 2B: Jerman, Kanada, Singapura, Israel

 

Grup 3 

Grup 3A: Irlandia, Australia, Selandia Baru, Nepal 

Grup 3B: Swiss, Sri Lanka, Slowania, Lithuania

 

Grup 4

Makau

Kazakhstan

Greenland

 

Lanjutkan Membaca ↓
Trey Mancini menang lawan kanker