Sukses


Mengintip Sirkuit The Bend Motorsport Park Adelaide, Mandalika Jangan Sampai Kalah!

Bola.com, Adelaide - Saat meliput aksi pembalap Indonesia di ajang Asia Road Racing Championship 2019 atas undangan Astra Honda Racing Team, Bola.com berkesempatan melihat langsung Sirkuit The Bend Motorsport Park Adelaide. Sirkuit ini merupakan ajang balapan baru di Australia yang baru dioperasikan pada 2018 silam.

Sirkuit ini terletak di kawasan Tailem Bend, Selatan Australia. Butuh waktu satu setengah jam untuk bisa sampai ke sana dari pusat kota Adelaide.

The Bend terletak di kawasan sabana, padang rumput luas. Lokasinya jauh dari keramaian. Supir yang mendampingi Bola.com, Anton, menyebut daerah ini jarang dikunjungi masyarakat Adelaide.

"Karena memang daerahnya sepi, jarang perumahan penduduk. Biasanya memang baru mulai ramai dikunjungi ada sesi balap saja," ungkap salah satu mahasiwa jurusan akunting di salah satu perguruan tinggi di Adelaide.

Sirkuit The Bend berstandar internasional. Panjang trek mencapai 7,7 km. Sementara lebarnya 4,945 km. Jika melihat medan sirkuitnya cukup menantang, tak didominasi trek lurus tapi juga berkelak-kelok.

Sejak kembali beroperasi, sirkuit yang dulunya milik Mitsubishi Motors Australia tersebut masih jarang digunakan untuk aktivitas balap kelas dunia. Secara reguler event yang digelar di sana adalah Australia Superbike Championship dan Asia Road Racing Championship. Ajang terakhir disebut di atas rutin diikuti pembalap-pembalap asal Indonesia.

Pameran mobil balap legendaris Australia di Sirkuit The Bend Motorsport Park Adelaide. (Bola.com/Ario Yosia)

Pengelola sirkuit, Peregrine Corporation, saat ini sedang mengajukan diri ke pihak Dorna untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Indonesia relatif beruntung, pada 2021 nanti sudah jadi salah satu tuan rumah MotoGP, sekalipun Sirkuit Mandalika, NTB, masih dalam proses pembangunan.

Walau belum banyak menggelar balapan kelas dunia, fasilitas The Bend Motorsport Park Adelaide amat wah. Tak kalah dengan sirkuit-sirkuit tenar di berbagai negara lainnya.

Fasilitasnya lengkap. Selain sirkuit balapan, area parkir amat luas. Jika ingin menyaksikan balapan, masyarakat tak akan kesulitan mencari area parkir kosong.

Para penikmat balap bisa menonton aksi balapan dengan nyaman. Di area utama sirkuit terdapat restoran luas dengan menu makanan dan minuman yang beraneka ragam. Di area parkiran juga berderet van tempat berjualan makanan dan snack.

Luas lahan sirkuit sendiri mencapai 750 hektar. Jejeran pedok tertata rapi di pinggiran sirkuit. Total biaya renovasi yang dikeluarkan Peregrine Corporation mencapai 110 juta dolar.

 

2 dari 2 halaman

Bangun Bandara

Buat jurnalis peliput, fasilitas media centernya amat lengkap. Selain suplai data yang berlimpah dalam bentuk digital dan berkas, tiga layar televisi besar terpampang untuk memudahkan kerja jurnalis mengikuti jalannya balapan.

Saat Bola.com berkunjung ke The Bend Motorsport Park Adelaide pada Sabtu (27/4/2019) dan Minggu (28/4/2019) kebetulan sirkuit satu ini tengah menggelar hajat Motofest 2019.

Selain disuguhi persaingan balap Asia Road Racing Championship, para penggila balap Negeri Kanguru dapat hiburan pameran mobil-mobil balap legendaris Australia. Selain itu mereka bisa juga membeli aneka merchandise pabrikan besar yang ikut pameran di Moto Fest.

Suasana media center di Sirkuit The Bend Motorsport Park Adelaide. (Bola.com/Ario Yosia)

"Saya tidak tahu banyak soal balap, tapi saya melihat event ini menarik untuk disaksikan karena digelar pada akhir pekan. Saya membawa keluarga untuk menikmati akhir pekan bersama," ujar Billy Morgan, warga Adelaide yang memboyong istri dan dua anaknya untuk menyaksikan Moto Fest.

Sayangnya memang fasilitas pendukung sirkuit ini masih minim. Hotel-hotel berkelas internasional masih minim jumlahnya Tailem Bend. Di arena sirkuit sendiri terdapat hotel, yang biasanya dipakai pembalap menginap. Namun tentu jika ada event internasional sekelas MotoGP, tak akan bisa menampung penikmat balap dari berbagai penjuru dunia.

Akan tetapi pihak pengelola sirkuit The Bend terus berbenah. Pada 2019 proses pembangunan bandara internasional bakal mulai digeber. Pembagunan bandara sudah barang tentu akan diikuti pembangunan fasilitas lainnya.

Patut diketahui juga The Bend Motorsport Park Adelaide satu-satunya sirkuit yang mengantungi lisensi FIA Grade 2 dan FIM Category A Standar. Apa yang tersaji di sirkuit ini, jadi tantangan bagi pemerintah Indonesia yang saat ini tengah membangun Sirkuit Mandalika. Sebagai bangsa Indonesia kita tentu berharap sirkuit tersebut kualitasnya lebih bagus, sehingga saat pelaksanaan MotoGP jadi ajang yang membanggakan.

Video Populer

Foto Populer