Yamaha Cup Race 2019: Galang Hendra Bekali Ilmu untuk Pembalap Masa Depan

Oleh Vincentius Atmaja pada 27 Apr 2019, 20:35 WIB
Galang Hendra

Bola.com, Boyolali - Gelaran Yamaha Cup Race (YCR) 2019 dilaksanakan di Sirkuit Gokart Permanen, Kabupaten Boyolali, Sabtu dan Minggu (27-28/4/2019). Satu diantara sesi selain balapan adalah coacing clinic yang diberikan oleh pembalap World Supersport 300 dari Indonesia, Galang Hendra Pratama, Sabtu (27/4/2019).

Puluhan pebalap muda berkumpul di sebuah ruangan seperti halnya paddock yang merupakan ruang media, tampak serius menyimak kiat-kiat dan ilmu yang diberikan Galang Hendra. Menjadi bekal pengalaman yang berharga bagi calon pebalap masa depan Indonesia.

Pebalap muda berusia 20 tahun ini menyampaikan trik-trik khusus, terutama seputar cara membalap yang benar dalam menguasai Sirkuit Gokart Permanen di Boyolali yang menjadi venue. Tidak hanya itu, Galang Hendra juga berpesan agar tidak hanya terfokus pada settingan mesin motor.

"Jangan hanya fokus settingan mesin, jadi settingan suspensi juga harus diperhatikan supaya teman-teman semua bisa nyaman dalam manuver pada saat berkendara. Selain itu harus pandai-pandai mengatur momentum kapan mengurangi dan menambah kecepatan, terutama ketika berada di tikungan," terang pria asal Yogyakarta ini, Sabtu (27/4/2019).

"Yamaha Cup Race ini tujuannya adalah mencari bibit-bibit baru untuk mewakili Yahama Indonesia di kancah internasional. Mereka dari sejak dini diajarkan balapan agar kualitasnya lebih menjanjikan," lanjut pembalap yang juga merupakan jebolan Yamaha Race ini.

Galang Hendra mengakui besarnya potensi yang ada pada pembalap masa depan Indonesia. Terlihat dari tingginya animo yang menggeluti olahraga ini. Seperi pembalap junior di usia 10 tahun sudah merambah road race. Menurutnya sebuah lompatan besar bagi olahraga balap motor Indonesia.

"Langkah yang besar dan perlu diapresiasi atas Yamaha Cup Race ini. Tidak ada kiat khusus selain yang terpenting adalah disiplin akan fisik, latihan, dan jangan lupa berdoa," pungkasnya.

Selain coacing clinic, hari pertama ajang YCR 2019 di Boyolali juga diisi dengan latihan bebas dan kualifikasi untuk perlombaan hari Minggu. Untuk hari kedua akan diadakan opening ceremony dan balapan yang terdiri dari tiga kelas nasional (YCR 1, YCR 2, dan YCR 3 Moped 4tak 150cc), sembilan kelas exhibition, serta satu kelas exhibition komunitas.