Sukses


Andi Gilang Runner-up Kelas SS600 Asia Road Racing Championship 2019 Adelaide

Bola.com, Adelaide - Tim Astra Honda Racing Team (AHRT) bisa bernapas lega. Di balapan penutup Asia Road Racing Championship 2019 seri Adelaide, Australia, salah satu pembalap mereka, Andi Gilang, jadi runner-up dalam sesi balapan kedua kelas SS600, Minggu (28/4/2019).

Kesuksesan Andi Gilang amat berarti bagi AHRT, mengingat di dua kelas AP250 tak ada satupun pembalap mereka naik podium.

Pencapaian ini terasa mengecewakan, mengingat di seri pertama musim 2019 di Sepang, Malaysia, pembalap-pembalap AHRT amat mendominasi.

"Adelaide jadi seri balapan yang berat bagi kami. Sukses Andi Gilang jadi penghibur. Apa yan ia lakukan hari ini luar biasa. Bahkan jika tidak telat panas ia bisa jadi juara," ujar Anggono Iriawan, manajer tim AHRT seusai balapan.

Andi Gilang pada balapan pertama yang digelar Sabtu (27/4/2019) hanya menduduki posisi tujuh. Ia start di barisan keenam sesuai hasil kualifikasi yang digelar Jumat (26/4/2019).

Pada balapan pertama pembalap berusia 21 tahun itu punya peluang masuk jajaran tiga besar, seandainya tak menghindari salah satu pesaingnya yang terjatuh. Dia kehilangan momen persekian detik untuk menyodok ke atas.

Pada balapan kedua pembalap Thailand di Adelaide, Peerapong Boonlert (Yamaha Thailand Racing Team). Sementara itu pembalap Malaysia, Muhammad Ibrahim (SIC Junior ZK Racing) menduduki posisi ketiga.

Dalam sesi wawancara seusai balapan menyebut di awal lomba Andi Gilang sempat mengalami kesulitan menerobos jajaran atas.

Pembalap Astra Honda Racing Team, Andi Gilang, tampil apik di kelas SS600 Asia Road Racing Championship 2019 di Adelade, Australia, yang berlangsung Minggu (28/4/2019). (Bola.com/Ario Yosia)

"Karena posisi start kurang bagus di awal balapan saya sempat kesulitan menyalip ke depan. Namun berlahan, dengan menjaga fokus akhirnya bisa juga menerobos ke depan,"  kata Gilang yang berasal dari Makassar itu.

Hingga lap ke delapan Andi Gilang masih ada di posisi tiga besar, sebelum di dua lap terakhir berhasil merapatkan jarak dengan Peerapong.

"Andaikata balapan ada dua hingga lap lagi saya yakin Gilang bisa menyalip Peerapong. Kelihatan sekali di dua lap terakhir pembalap Thailand itu dalam posisi tertekan karena jarak antara dirinya dengan motor Gilang amat mepet," ujar Anggono Iriawan.

Selanjutnya Andi Gilang bakal akan menatap persaingan Asia Road Racing Championship 2019 31 Mei-1 Juni di Sirkuit Buriram, Thailand. Berbekal prestasi mengilap double runner-up di balapan Sepang dan Adelaide, Tim Astra Honda Racing Team yakin ia bisa membuat kejutan di seri ketiga nanti.

"Peerapong secara psikologis diuntungkan karena ia bermain di kandang sendiri. Tapi saya punya keyakinan Gilang bisa membuat kejutan. Secara skill, kemampuannya tak kalah," papar Anggoro Iriawan.

Selamat atas kesuksesannya, Andi Gilang!

Hasil lengkap balapan Asia Road Racing Championship 2019 klik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer