HUT ke-50, PB Djarum Berkomitmen Terus Lahirkan Juara Bulutangkis

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 29 Apr 2019, 00:06 WIB
PB Djarum

Bola.com, Kudus - PB Djarum merayakan hari ulang tahun ke-50 di GOR Jati, Kudus, pada Minggu (28/4/2019). Perayaan tersebut dikemas secara sederhana yang sarat nilai kekeluargaan.

Acara tersebut dimulai dengan santap malam bersama di halaman GOR Jati. Para tamu undangan mendapatkan sajian khas makanan lokal seperti sate kerbau, sate dan gulai kambing, soto kudus Bu Jatmi, nasi pindang kerbau, dan wedang jahe.

Setelah itu, para tamu undangan dipersilakan masuk ke dalam GOR Jati. Perayaan HUT ke-50 PB Djarum digelar dengan format talkshow yang dipandu jurnalis senior dan penulis ternama, Kang Maman.

Secara bergiliran, Kang Maman melakukan tanya jawab dengan narasumber yang hadir seperti Presiden Director Djarum Foundation Victor R. Hartono. Saat ditanya alasan mendirikan PB Djarum, Victor menyebut tujuannya untuk mempersatukan bangsa melalui bulutangkis.

"Kami memulai klub ini pada 1969 karena ayah saya (Robert Budi Hartono) suka bulutangkis. Sampai 50 tahun ini, kami belum pernah berhenti menyumbang atlet dari generasi ke generasi dan terus memenangi turnamen dari level junior sampai senior," kata Victor dalam sambutannya.

"Kami terus mengirim para pemain untuk mengasah kemampuan dan juga membantu negara. Itu memang itikad utama PB Djarum didirikan yakni untuk membantu mempersatukan negara kita yang sering kali mudah retak," ujar Victor.

Selain itu, Kang Maman juga melakukan tanya jawab dengan para legenda PB Djarum seperti Christian Hadinata, Hariyanto Arbi, Liliyana Natsir, hingga Tontowi Ahmad. Mereka mayoritas ditanya mengenai kelangsungan karier selama membela PB Djarum dan Timnas Indonesia.

2 of 2

Pasang Target Tinggi

President Director Djarum Foundation, Victor R Hartono, bertekad untuk terus membantu Indonesia berprestasi di dunia bulutangkis. (PB Djarum/Edward Luhukay)

Presiden Director Djarum Foundation, Victor R Hartono, menjamin PB Djarum akan terus mendukung dan membantu Indonesia berprestasi melalui bulutangkis. Komitmen tersebut dilakukan dengan cara menjaring pemain-pemain muda dan mendukung turnamen-turnamen bulutangkis di dalam dan luar negeri.

"Memasuki usia ke-50 tahun ini, kami berkomitmen terus menghasilkan juara-juara bulutangkis. Tentunya, menambah gelar Olimpiade dan membantu Indonesia untuk meraih gelar Piala Thomas, Piala Uber, dan Piala Sudirman," ucap Victor.

"Kami akan terus menjaga ekosistem bulutangkis Indonesia. Kami terus mendukung turnamen-turnamen dalam negeri yang levelnya dari daerah hingga tingkat internasional. Kami juga dukung Kejuaraan Dunia dari level junior hingga senior ketika digelar di Indonesia," ucap cucu pendiri PT Djarum itu.

Dalam acara tersebut, PB Djarum juga memberikan apresiasi terhadap mantan pengurus dari beberapa kota di Indonesia. Mereka mendapatkan apresiasi berupa liontin emas.

PB Djarum juga tak lupa memberikan apresiasi terhadap 24 atlet yang masuk dalam hall of fame. Para atlet tersebut merupakan sosok yang pernah minimal mempersembahkan satu gelar dari 7 kejuaraan bergengsi dunia.

Victor berharap pemberian apresiasi terhadap mantan atlet dan atlet yang masih aktif bisa memicu buat generasi penerus agar mau berkarier di bulutangkis. Misi itulah yang akan terus dilakukan PB Djarum pada usia ke-50 tahun ini.

"Intinya, Indonesia harus memiliki banyak pemain dan suporter bulutangkis muda yang mau berkarier di bulutangkis. Itu yang ingin kami jaga terus supaya Indonesia tetap kuat di bulutangkis," tegas Victor.

Lanjutkan Membaca ↓